Sumatera Barat alokasikan anggaran Rp507 miliar atasi COVID-19

id DPRD Sumbar, Padang,dana covid,penanggulangan covid

Ilustrasi penyaluran bantuan pada masa wabah Covid-19 berlangsung. ANTARA FOTO/Aloysius J Nugroho

Padang, (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi, menyebutkan pemerintaj daerah telah mengalokasikan anggaran Rp507 miliar lebih dari APBD Sumbae 2020 melalui realokasi penanganan pandemi Covid-19 di daerah itu.

"Anggaran itu dibagi dalam dua tahap yang ditujukan untuk pembelian alat perlengkapan kesehatan dan bantuan sosial," kata dia, di Padang, Selasa

Ia mengatakan untuk bantuan sosial sudah masuk dalam tahap dua yang dialokasikan sebesar Rp215 miliar yang saat ini sudah dibagikan ke beberapa daerah.

Terkait dengan belum merata penyaluran bantuan terhambat data dari pemerintah kota dan kabupaten yang belum lengkap. "Kami terus mendorong pemerintah provinsi menyalurkan bantuan dan meminta pemerintah kota dan kabupaten segera melengkapi data warga yang mendapatkam bantuan," kata dia.

Selain itu ada realokasi tahap ketiga yang bertujuan untuk pemulihan atau recorvey setelah pandemi Covid-19. Ia menyarankan untuk tahap ketiga ini diberikan kepada masyarakat tidak dalam bentuk uang yang diberikan secara langsung.

Menurut dia saat ini belum ada petunjuk dari pusat untuk realokasi anggaran ini namun hendaknya diberikan dalam bentuk modal usaha bagi masyarakat yang akan membuat warga terdampak berusaha untuk menjadi mandiri secara ekonomi. "Masa pemulihan ekonomi pasca Covid-19 tentu jadi perhatian kita semua," kata dia.

Pewarta : Mario Nasution
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar