Polresta Bandung tetapkan 4 orang tolak korban COVID-19 jadi tersangka

id Polresta Bandung, Tolak jenazah, korban COVID-19, COVID-19, tersangka

Polresta Bandung tetapkan 4 orang tolak korban COVID-19 jadi tersangka

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Polresta Bandung menetapkan empat orang yang menolak jenazah korban virus corona atau COVID-19 di Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung sebagai tersangka.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan menjelaskan empat orang itu berinisial BN, DK, AC, dan IR. Mereka memiliki peran yang berbeda-beda saat menolak ambulans jenazah korban COVID-19.

"Kita lihat ada beberapa video yang cukup viral itu, kita lihat perannya masing-masing, ada yang memasang pagar, ada yang teriak-teriak, kemudian ada juga yang menghalau, sempat mendorong-dorong petugas kesehatannya itu," kata Hendra di Polresta Bandung, Kabupaten Bandung, Senin.

Baca juga: Satpol PP Bandung awasi gang-gang, tekan penyebaran COVID-19
Baca juga: Disdik Kota Bandung upayakan PPDB tanpa pendaftaran di sekolah tujuan


Hendra mengatakan para tersangka mengaku melakukan aksi penolakan tersebut karena khawatir akan menularnya virus tersebut dari jenazah. Padahal, kata Hendra, pemulasaraan jenazah korban COVID-19 itu sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

Meski demikian, Hendra mengatakan para tersangka tidak dilakukan penahanan oleh pihak kepolisian. Menurutnya para tersangka sudah kooperatif dalam penindakan kasus tersebut.

"Kita tidak lakukan penahanan mengingat yang bersangkutan kooperatif, dan situasinya COVID-19, dimana kita kesulitan untuk mengirimkan para tersangka," kata Hendra.

Dalam kasus ini, polisi menjerat para tersangka dengan Pasal 212 dan Pasal 214 KUH Pidana jo Pasal 14 UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular, dengan ancaman 7 tahun penjara.

"Kami berharap masyarakat tidak ada lagi yang melakukan penolakan pada saat akan dilakukan pemakaman. Karena ada ancaman pidananya," kata dia.

Baca juga: Akan ajukan penangguhan, polisi pastikan Ferdian Paleka CS sudah aman
Baca juga: Polisi benarkan ada perundungan Ferdian Paleka di sel tahanan

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar