Kita tidak angkut penumpang selama periode tertentu, tetapi kapal-kapal penumpang kita fungsikan untuk mengangkut logistik
Jakarta (ANTARA) - Aktivitas di pelabuhan penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Tanjung Priok, Jakarta Utara, kini berubah ramai dengan  angkutan barang logistik antar pulau.

Pantauan Antara, Rabu, kapal motor (KM) Nggapulu telah bersandar di pelabuhan. Nampak aktivitas bongkar muat barang ke dalam kapal oleh beberapa pekerja pelabuhan.

"Rencananya kapal berangkat sekitar pukul 14.00 WIB," kata salah seorang pekerja pelabuhan.

Sementara itu, salah seorang petugas keamanan menyatakan belum ada aktivitas pemberangkatan orang melalui kapal penumpang.

Humas PT Pelni, Idayu Adi Rahajeng dihubungi di Jakarta mengatakan sejak ada pembatasan perjalanan penumpang, kapal-kapal Pelni tetap melakukan pelayaran antar pelabuhan secara bergantian.

"Kita tidak angkut penumpang selama periode tertentu, tetapi kapal-kapal penumpang kita fungsikan untuk mengangkut logistik," jelas Idayu.

Baca juga: ABK KM Awu 74 orang jalani karantina mandiri di atas kapal

Baca juga: Hari ini Pelni mulai jual tiket bagi penumpang

Baca juga: 3 ABK KM Kelud dinyatakan sembuh dari COVID-19


KM Nggapulu melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Baubau - Ambon - Banda - Tual - Dobo - Fakfak untuk pulang pergi (PP).

Idayu menyatakan PT Pelni mulai melakukan pelayanan penjualan tiket bagi penumpang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pembelian tiket hanya dapat dilakukan melalui loket kantor cabang Pelni dan akan dilakukan untuk pelabuhan naik dan turun yang sudah dinyatakan dibuka.

"Pelabuhan yang sudah membuka rute untuk penumpang yakni Jakarta, Surabaya, dan Makassar," ujar Idayu.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020