Padang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat, menyebutkan gempa bumi dengan kekuatan 5,3 magnitudo (M) telah mengguncang Tuapejat, Kepulauan Mentawai pada Sabtu pukul 05.36 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri saat dihubungi dari Padang, mengatakan gempa tersebut merupakan gempa tektonik.

"Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5.0. Episenter," kata dia.

Baca juga: BMKG deteksi kelahiran siklon tropis Mangga di barat daya Bengkulu

Kemudian ia mengatakan gempa bumi terletak pada koordinat 2.39 LS dan 99.58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 40 km arah Barat Daya Tua Pejat, Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 28 km.

"Hingga 06.20 WIB, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," ujar dia.

Kemudian ia mengatakan guncangan gempa bumi tersebut dilaporkan dirasakan di daerah Tua Pejat III MMI, Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata dia.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian menghindar dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. (*)

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020