Banjarmasin (ANTARA) - Seorang anggota TNI Angkatan Laut di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menjadi sopir dadakan mobil ambulans COVID-19 lantaran tak ada warga ataupun petugas kesehatan yang berani mengendarainya.

Letda Laut (P) Soleh Rio, yang berdinas sebagai Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Kumai tergerak hati rela menjadi supir ambulans untuk mengantarkan warga setempat menjalani tes swab di Puskesmas Kumai.

"Tak ada satupun petugas kesehatan yang bersedia menjadi sopir ambulans, dengan alasan takut tertular virus corona. Jadi saya tanpa ragu menawarkan diri," ucap Soleh kepada ANTARA, Sabtu.

Sebanyak 17 warga Sungai Kapitan RT 05, Kecamatan Kumai diangkut mobil ambulans yang dikemudikan Letda Soleh menuju Puskesmas Kumai di Jalan Pemuda Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Baca juga: Pegiat perempuan bantu sopir ambulans pengantar korban COVID-19

Baca juga: PMI Jember: Tak ada lagi penolakan jenazah COVID-19


Hal itu dilatarbelakangi karena salah satu warga RT tersebut dinyatakan positif terpapar COVID-19.

Menurut Soleh, sebagai prajurit TNI dirinya harus siaga dan siap membantu masyarakat dalam melaksanakan tugas untuk menangani pandemi COVID-19.

"Setelah saya menanyakan ke Kepala Desa, apakah masih ada APD yang siap pakai, dan kebetulan ada, maka langsung saya ambil alih menjadi sopir mengangkut warga," katanya.

Melihat ketulusan hati Letda Soleh Rio, sontak membuat warga kaget dan kagum dengan keberaniannya mengambil alih menjadi pengemudi ambulan dadakan.

Apresiasi juga disampaikan Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto yang memuji aksi heroik anggotanya tanpa ragu membantu masyarakat dalam penanganan COVID-19.

"Sesuai perintah pimpinan, anggota TNI harus total membantu pemerintah dalam penanganan virus corona. Berikan yang terbaik untuk rakyat dimana pun kita mengabdi," kata Danlanal penuh bangga atas kinerja anggotanya.*

Baca juga: Gugus Tugas Tabalong-Barito Selatan miliki ambulans standar COVID-19

Baca juga: PMI memodifikasi ambulans untuk membantu evakuasi pasien COVID-19

 

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020