Tim Tes PCR Jambi segera simulasi uji swab COVID-19 secara mandiri

id uji coba tes PCR

Ilustrasi - Warga mengikuti test swab COVID-19 menggunakan mobil tes polymerase chain reaction (PCR) atau Mobile Combat COVID-19. ANTARA/Umarul Faruq/zk/am.

Jambi (ANTARA) - Tim Tes Polimerace Chain Reaction (PCR) atau Uji Swab COVID-19 Jambi segera melakukan simulasi dan uji coba tes PCR COVID-19 secara mandiri.

“Setelah payung hukum tes PCR dikeluarkan, selanjutnya tim akan melakukan simulasi dan uji coba tes PCR COVID-19,” kata Ketua Tim Tes PCR COVID-19 dr Deri Muyanto yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jambi di Jambi, Senin.

Baca juga: Bandara Jambi siap terapkan normal baru saat pandemi COVID-19

Ia menjelaskan simulasi dan uji coba tes PCR COVID-19 tersebut akan mendapat pendampingan dari Universitas Andalas Sumatera Barat yang telah memiliki pengalaman melaksanakan tes PCR atau uji swab tersebut.

Setelah simulasi dilaksanakan hasil uji coba akan dikirimkan ke BNPB untuk mendapatkan legalitas tes PCR yang dilakukan secara mandiri di Jambi.

Baca juga: Bamsoet apresiasi tujuh daerah tanpa penambahan kasus COVID-19

Selain itu, dikatakan dr Deri saat ini tim masih menunggu sejumlah peralatan pendukung dari Jakarta. Karena di Jakarta diterapkan PSBB sehingga kedatangan peralatan tersebut mengalami keterlambatan.

“Secara teknis kita sudah siap melakukan tes PCR COVID-19, kita harapkan kerja sama dan dukungan dari seluruh kepala daerah di Jambi untuk pelaksanaan tes PCR ini,” kata dr Deri.

Baca juga: Universitas Jambi siap bekerja sama lakukan uji swab mandiri

Untuk pelaksanaan tes PCR secara mandiri tersebut, Pemerintah Kota Jambi mendapatkan bantuan reagen atau pereaksi kimia dari Temasek Foundation Singapura. Bantuan reagen tersebut dapat digunakan untuk 10 ribu kali tes PCR.

Sehingga seluruh sampel uji swab COVID-19 di sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi dapat dilaksanakan oleh tim tes PCR Jambi.

Baca juga: Empat pasien COVID-19 Kota Sungaipenuh positif dari transmisi lokal

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dr Elfi Yennie mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi terkait pelaksanaan tes PCR secara mandiri di Jambi tersebut.

“Kita sudah dapat informasi tes PCR secara mandiri tersebut, jika dapat segera terealisasi ini merupakan kabar gembira karena tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui hasil uji swab,” kata dr Elfie Yennie.

Baca juga: Jambi akan tes PCR COVID-19 mandiri setelah Hari Raya Idul Fitri

 


Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar