Menteri Edhy ingin kesulitan modal perikanan tuntas, tak lagi jadi isu

id kur perikanan,menteri kelautan dan perikanan,edhy prabowo

Ilustrasi: Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo meninjau hasil produksi rumput laut kering di Batam. ANTARA/HO-KKP/am.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menginginkan agar ke depannya akses permodalan seperti kredit dari perbankan tidak lagi menjadi isu, terutama bagi UMKM sektor kelautan dan perikanan nasional.

"Saya ingin BLU LPMUKP (Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan) segera didorong agar ke depannya kesulitan modal tidak lagi menjadi isu," kata Menteri Edhy dalam Webinar mengenai sektor kelautan dan perikanan di Jakarta, Selasa.

Edhy Prabowo memaparkan bahwa berbagai pemangku kepentingan sektor kelautan dan perikanan baru mampu menyerap dari program KUR baru sekitar Rp2,5 triliun padahal pemerintah sudah menggelontorkan potensi kredit hingga lebih dari Rp125 triliun.

Baca juga: Menteri Edhy: KUR belum terlaksana maksimal di kelautan dan perikanan

Dalam kesempatan lain ia mengemukakan bahwa dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi, KKP telah melakukan refocusing anggaran terutama untuk penguatan UMKM seperti program bakti nelayan, bantuan benih/bibit/bioflok, asuransi perikanan budidaya bantuan sarana revitalisasi tambak, cold storage, dan promosi Gemarikan.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengingatkan mengenai masalah perizinan yang dahulu bisa sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, pada saat ini pihaknya telah mengambil langkah untuk mempermudah pengurusannya.

"Alhamdulillah perizinan yang berbelit-belit itu kita laksanakan selama satu jam pada saat ini," kata Edhy Prabowo.

Baca juga: KKP ajak pengusaha kelautan dan perikanan manfaatkan KUR

Ia menegaskan pelaku usaha yang didominasi UMKM sangat memerlukan dukungan berbagai pihak untuk melanjutkan usahanya, termasuk terkait persoalan permodalan, kompetensi sumber daya manusia, teknologi, hingga permasalahan manajemen usaha.

Dirjen Perikanan Tangkap KKP Zulficar Mochtar menyatakan UMKM memiliki peluang pendanaan seperti melalui KUR atau LPMUKP di mana berbagai usaha kecil dapat berkolaborasi untuk mendapatkan akses pendanaan dalam melaut di berbagai perairan nasional.

Koordinator Tim Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri menyoroti pula bahwa sektor kelautan perikanan didominasi UMKM tetapi justru berbanding terbalik dengan kredit yang dikucurkan pihak perbankan.

Baca juga: Memaksimalkan KUR sektor perikanan, mengatasi dampak pandemi

 

Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar