Menteri PUPR minta 2 direktorat baru siapkan SOP dalam 6 bulan

id menteri pupr,basuki hadimuljono,kementerian pupr

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri). ANTARA/Dokumentasi Kementerian PUPR/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta dua direktorat baru yakni Direktorat Bina Teknik dan Direktorat Kepatuhan Internal untuk menyiapkan standar operasional (SOP) bagi unit organisasinya dalam enam bulan ke depan.

“Saya minta dalam enam bulan ke depan, kita bisa menyiapkan SOP-nya bagi semua unit organisasi. Tahun 2021 baru kita mulai melaksanakan tupoksinya," ujar Menteri PUPR Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menteri PUPR berharap dengan adanya reorganisasi ini maka semua unit organisasi di kedua direktorat baru tersebut dapat melaksanakan tata kelola dengan lebih baik dan tidak hanya berdasarkan kebiasaan tetapi konsisten dengan SOP.

Baca juga: Percepat pengambilan keputusan, Menteri PUPR akan reorganisasi balai

Proses reorganisasi di Kementerian PUPR telah melahirkan dua direktorat baru yakni Direktorat Bina Teknik dan Direktorat Kepatuhan Internal.

Direktorat Bina Teknik merupakan tulang punggung teknologi bagi unit organisasi (unor). Direktorat ini bertugas memberikan arahan teknologi, membina organisasi profesi, balai keteknikan dan jurnal keteknikan.

Sedangkan Direktorat Kepatuhan Internal adalah second line of defense dari Sistem Pengendalian Intern (SPI). Direktorat ini akan berkoordinasi dengan Inspektorat Jenderal dalam pengawasan internal.

“Memasuki new normal ada tiga hal yang saya tekankan yakni kedisiplinan, keteraturan dan kebersihan. Saya ingin mengajak kita semua melakukan itu,” kata Menteri PUPR.

Baca juga: Menteri Basuki: Personel PUPR perlu utamakan kesehatan saat New Normal
 

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar