Lahan gambut terbakar di Aceh Barat belum bisa dipadamkan

id berita aceh terkini,berita aceh,aceh barat,karhutla,meulaboh,lahan gambut,terbakar,BPBD

Jurnalis mengambil gambar suasana kebakaran lahan gambut di Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Kamis (4/6/2020). Kebakaran lahan gambut yang diduga akibat puntung rokok tersebut telah menghanguskan tiga hektare lahan milik warga setempat. (FOTO ANTARA/Syifa Yulinnas)

Meulaboh, Aceh (ANTARA) - Lahan gambut di kawasan Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh  hingga Jumat sore masih terus berupaya dipadamkan oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat  setelah terbakar sejak Kamis (4/6) sore.

Puluhan petugas pemadam kebakaran dari BPBD Aceh Barat ikut diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

“Saat ini proses upaya pemadaman dan penyiraman api masih terus dilakukan petugas,” kata Kepala BPBD Kabupaten Aceh Barat Dr Mukhtaruddin di Meulaboh, Jumat.

Meski sudah berupaya memadamkan api, namun pihaknya belum bisa memastikan berapa total luas lahan yang terbakar, karena masih terus melakukan pendataan.

Mukhtaruddin juga mengakui petugas juga belum bisa menyimpulkan penyebab musibah tersebut, dan saat ini masih memfokuskan untuk memadamkan api agar tidak semakin menjalar.

“Api sudah berhasil dikendalikan, karena masih terus dilakukan penyiraman,” katanya.

Pihaknya juga berharap kebakaran lahan gambut di kawasan perbatasan Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya tersebut secepatnya dapat dipadamkan.

"Sehingga tidak meluas ke kawasan lain," demikian Mukhtaruddin.

Baca juga: Puntung rokok diduga sebabkan lahan gambut terbakar di Aceh Barat

Baca juga: BPBA: Kebakaran lahan gambut di Aceh Jaya meluas capai 30 hektare

Baca juga: Lahan gambut seluas dua hektare di Nagan Raya Aceh terbakar

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar