Jalur khusus sepeda disiapkan mulai Minggu sebagai ganti CFD

id Corona,COVID-19,Car Free Day,HBKB,Sudirman-Thamrin,Dishub DKI Jakarta,Syafrin Liputo

Penjual jamu keliling menggunakan masker dan pelindung wajah menuntun sepeda di kawasan Pasar Baru, Jakarta, Selasa (9/6/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc)

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menyiapkan satu lajur di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk sepeda yang mulai dibuka besok, Minggu (14/6), pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB sebagai pengganti hari bebas kendaraan atau car free day (CFD).

Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo mengatakan lajur sepeda tersebut disiapkan sehubungan dengan CFD atau disebut oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang masih ditiadakan sementara sejak awal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan.

Baca juga: B2W Indonesia rilis panduan bersepeda saat normal baru

"Pedagang pun belum boleh beroperasi," kata Syafrin dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Kendati demikian, Syafrin mengimbau agar warga yang bersepeda tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak fisik, memakai masker serta menjaga kebersihan.

Baca juga: Mewujudkan Jakarta ramah bersepeda

Syafrin menuturkan, sejumlah personel Dishub Provinsi DKI Jakarta dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan dikerahkan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin untuk memastikan warga tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kita terus memantau perkembangan situasi COVID-19 pada masa transisi PSBB ini. Oleh karena itu, protokol kesehatan wajib diterapkan setiap warga pada setiap aspek kegiatan, termasuk saat bersepeda. Akhir pekan ini, HBKB belum dapat dibuka kembali. Namun, warga dapat memanfaatkan satu lajur paling kiri di Jalan Sudirman - Thamrin untuk bersepeda," ujarnya.

Baca juga: Nugie kritik jalur sepeda di Jakarta

Syafrin menyebut pihaknya akan memasang cone pembatas jalan untuk keamanan dan kenyamanan para pesepeda. Sementara itu, bagi para pejalan kaki, hanya dapat menggunakan trotoar untuk aktivitas olahraga di akhir pekan.

"Hal ini tak lain juga untuk menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta," tutur Syafrin menambahkan.
Baca juga: Merindukan CFD

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar