Keterlibatan elemen militer dalam keadaan pandemi dan (krisis) kesehatan bukanlah sesuatu yang baru dalam aktivitas politik internasional
Jakarta (ANTARA) - Periset Senior dari Abdurrahman Wahid Center for Peace and Humanity Universitas Indonesia, Yandry Kurniawan, mengatakan kerjasama bidang pertahanan antar negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dapat memainkan peran penting dalam menghadapi pandemi di kawasan.

Dalam acara diskusi virtual bertajuk “Talking ASEAN: Regional Defence Cooperation amidst COVID-19: Challenges and Opportunities” di Jakarta, Rabu, Yandry menyebut bahwa elemen militer seringkali terlibat dalam beberapa krisis kesehatan dan kondisi pandemi di masa lampau.

“Keterlibatan elemen militer dalam keadaan pandemi dan (krisis) kesehatan bukanlah sesuatu yang baru dalam aktivitas politik internasional,” ujarnya.

Dalam konteks kawasan Asia Tenggara, ia pun mengatakan bahwa kerjasama pertahanan yang telah terjalin antar negara anggota ASEAN dapat diperkuat melalui upaya menghadapi situasi pandemi, termasuk dengan bersinergi dengan sektor kesehatan.

“ASEAN dapat membangun satu forum spesifik di mana elemen militer dari negara-negara anggota dan berbagai pelaku kesehatan di kawasan lainnya dapat berinteraksi secara efektif,” kata Yandry yang juga merupakan pengajar Departemen Hubungan Internasional Universitas Indonesia tersebut.

Baca juga: Indonesia dorong kerja sama ASEAN-Rusia kembangkan vaksin COVID-19

Menurut dia, ada pula kesempatan untuk membangun dan mengimplementasikan kebijakan militer di tingkat kawasan, serta doktrin terkait bantuan kemanusiaan dan pengendalian bencana dengan berkolaborasi bersama mitra dari elemen sipil.

Melibatkan komunitas sipil juga dapat dilakukan dengan mendukung aktivitas pelatihan bersama yang dapat dilakukan oleh kedua elemen tersebut, terkait situasi pandemi, katanya.

Selain itu, keterlibatan militer dalam perencanaan dan implementasi berbagai upaya terkait pencegahan, deteksi dan respon terhadap penyakit menular dapat ditingkatkan melalui agenda keamanan kesehatan ASEAN.

“Intinya, saya pikir akan sangat berguna apabila ASEAN dapat membuat suatu forum di mana angkatan militer negara-negara ASEAN dapat bersatu dan berkolaborasi dengan elemen sipil dan professional,” kata dia.

Forum tersebut, lanjutnya, dapat mengembangkan semacam skenario terburuk dalam situasi pandemi dan bagaimana wabah dapat menyebar di kawasan. Di masa depan, satuan militer dari negara-negara anggota dapat bekerja sama untuk menciptakan contingency plan dan upaya mitigasi.

“Alih-alih berharap pandemi sekarang ini akan hilang, lebih baik kita mempersiapkan diri melalui semua mekanisme yang dapat dijalankan apabila wabah kembali terjadi,” katanya.

Baca juga: Kerja sama pertahanan ASEAN dapat diperkuat di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: ASEAN-Korea Selatan siap bekerja sama penanganan penyakit infeksi
Baca juga: Kepada perwakilan ASEAN, Kemensos paparkan upaya mitigasi COVID-19

 

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2020