OASE KIM: Anak perlu dididik sejak dini untuk peduli lingkungan

id Erni Guntarti Tjahjo Kumolo,Pendidikan Lingkungan,pelestarian lingkungan,forum anak

Tangkapan layar akun Youtube BNPB saat menampilkan Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (15/5/2020). (ANTARA/Dewanto Samodro)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengatakan anak perlu dididik sejak dini untuk peduli pada pelestarian lingkungan.

"Pendidikan pelestarian lingkungan bisa mulai dari usia tiga tahun dengan mengajarkan membuang sampah pada tempatnya. Kalau sejak kecil sudah dibiasakan, setelah dewasa akan menjadi kebiasaan," kata Erni dalam seminar daring yang diikuti melalui akun Youtube Forum Anak Nasional di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Forum Anak diharap jadi pelopor-pelapor dalam pelestarian lingkungan

Erni mengatakan pendidikan tentang lingkungan harus disesuaikan dengan umur anak. Anak-anak di tingkat pendidikan usia dini bisa diajari untuk mengambil dan membuang sampah di tempat sampah.

Sedangkan untuk anak usia sekolah dasar sudah bisa diajarkan untuk memilah sampah dengan memisahkan sampah-sampah organik, anorganik, dan bahan beracun berbahaya.

"Pengetahuan tentang pelestarian lingkungan bisa dilakukan di sekolah, kegiatan pramuka, dan lain-lain," tuturnya.

Erni berharap para pegiat Forum Anak bisa mengajak teman-teman sebayanya untuk ikut melestarikan lingkungan. Erni mengapresiasi sejumlah kreativitas dan inovasi Forum Anak selama ini dalam upaya berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan.

"Anak-anak pasti memiliki berbagai macam kreativitas dan inovasi untuk berperan dalam pelestarian lingkungan. Forum Anak bisa mengedukasi teman-teman lainnya untuk terlibat," ucapnya.

Baca juga: Fasilitator Forum Anak: Suara Anak Indonesia diikuti aksi nyata

Baca juga: Mempersiapkan pemimpin masa depan melalui Forum Anak


Menurut Erni, kepedulian terhadap pelestarian lingkungan bisa dimulai dari yang terkecil, yaitu mulai dari diri sendiri dan rumah sendiri.

"Dari diri sendiri dan rumah sendiri, nanti bisa meluas ke lingkungan sekitar dan ke seluruh negeri," katanya.

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar