...para anggota dewan yang terhormat untuk bersama-sama mengawal visi kami di eksekutif
Jayapura (ANTARA) - Bupati Deiyai Ateng Edowai meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat agar benar-benar memperjuangkan atau memperhatikan aspirasi dan kebutuhan warga serta memberikan kontribusi positif dan cermat kepada pemerintah daerah ini.

"Saya minta agar para anggota dewan yang terhormat untuk bersama-sama mengawal visi kami di eksekutif yakni Deiyai Bangkit Kerja Mewujudkan Gerakan Pembangunan Keluarga Aman, Mandiri dan Sejahtera atau Gerbang Gamantra, terutama kawal aspirasi warga," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jayapura, Papua, Selasa.

"Kita (pemda dan DPRD) memiliki kedudukan yang sama dan setara serta sejajar. DPRD adalah mitra kerja pemda dalam membuat kebijakan daerah sesuai kewenangan tugas dan fungsi masing-masing," ujar Bupati Ateng Edowai pula.
Baca juga: Dinkes: Cegah COVID-19, warga Deiyai-Papua harus periksa kesehatan


Bupati Ateng juga meminta kepada lembaga DPRD bersama Pemda Deiyai untuk memelihara dan membangun hubungan kerja yang harmonis serta saling mendukung dalam menjalankan tugas dan kewajiban penyelenggaraan roda pemerintahan di Kabupaten Deiyai.

"DPRD Deiyai harus benar-benar menghayati dan mengimplementasikan fungsi-fungsi DPRD, yaitu fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan," kata Bupati Ateng Edowai lagi.

Ketua DPRD Deiyai Petrus Badokapa mengapresiasi komitmen Bupati Deiyai dan jajaran, sehingga pelaksanaan pelantikan unsur pimpinan DPRD definitif bisa dilaksanakan dengan sukses di Waghetei, ibu kota Kabupaten Deiyai pada Senin (22/6) siang.

Pelantikan Ketua, Wakil I dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Deiyai disahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Nabire dalam rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah janji pimpinan di aula sekretariat dewan (sekwan), di Waghete, Deiyai.

"Pelantikan tersebut merupakan suatu amanah dari Tuhan Allah melalui seluruh rakyat Kabupaten Deiyai untuk kami para unsur pimpinan dan anggota DPRD Deyai, setelah enam bulan lamanya hanya pimpinan sementara," katanya lagi.
Baca juga: Polres Deiyai Papua berikan sembako untuk warga Distrik Tigi


Ia juga meminta kepada seluruh anggota DPRD Deiyai agar selalu menetap di daerah seperti enam bulan sebelumnya, sehingga apa yang telah dikerjakan selama ini harus dipertahankan selama lima tahun ke depan.

"Saya berharap agar ke depan lembaga legislatif dan eksekutif bisa berjalan bersama dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Deiyai, sehingga sinergi dan kerja sama antarlembaga bisa berjalan baik demi bangun Deiyai lebih baik lagi," katanya pula.

Sebelumnya, pelantikan unsur pimpinan DPRD Deiyai definitif sempat tertunda dua kali pada pekan kemarin.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020