BKKBN Riau targetkan jaring 22.600 akseptor baru

id BKKBN Perwakilan Provinsi Riau,IPKB, akseptor, harganas 2020

BKKBN Riau targetkan jaring 22.600 akseptor baru

Plt Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Sri Wahyuni mengapresiasi Ikatan Penulis KB (IPKB) Provinsi Riau yang beranggotakan wartawan media cetak, online dan elektronik, sebagai perpanjangan tangan BKKBN dalam  menyampaikan program-program Bangga Kencana  melalui media mereka masing-masing. (Fot.Doc. Frislidia/Antara). 

Provinsi Riau (ANTARA) - Kantor BKKBN Perwakilan Provinsi Riau menargetkan menjaring 22.600 akseptor baru pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tingkat provinsi tahun 2020 melalui program KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) maupun non-MKJP.

"Target 22.600 akseptor baru itu dilakukan tidak melalui kegiatan pengumpulan massa, namun masih dalam agenda taktis pelayan rutin di fasilitas kesehatan swasta, posyandu, dan bidan praktik mandiri, PLKB, PKB yang menjadi ujung tombak BKKBN di lapangan," kata Pelaksana Tugas BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Sri Wahyuni di Pekanbaru, Rabu.

Baca juga: IPKB: Kepulauan Riau Alami Masalah Kependudukan

Agenda tersebut disampaikan Sri Wahyuni dalam acara Peningkatan Kapasitas bagi anggota Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Provinsi Riau yang dihadiri sejumlah pejabat teknis BKKBN Perwakilan Provinsi Riau dan pengurus serta anggota IPKB Riau yang berasal dari sejumlah media cetak, online dan elektronik daerah itu.

Menurut dia, penjaringan 22.600 akseptor baru itu sekaligus upaya untuk mendukung pemenuhan 1 juta akseptor baru se-Indonesia sekaligus memenuhi rekor MURI kendati kini Indonesia memasuki tatanan normal baru.

"Terkait Indonesia memasuki tatanan normal baru, upaya penjaringan akseptor baru tersebut tetap mengacu pada protokol kesehatan, jaga jarak sosial, jaga jarak fisik, pakai masker, dan tidak mengumpulkan massa," katanya.

Sekretaris BKKBN Riau Mery Ellya mengatakan peran IPKB bagi BKKBN sangat penting. IPKB adalah perpanjangan tangan BKKBN dan menyampaikan program-program Bangga Kencana oleh IPKB melalui media masing-masing.

"Terima kasih selama ini sudah menjadi mitra terbaik BKKBN, membantu BKKBN dalam menyampaikan program-program Bangga Kencana ke masyarakat dan melalui pemberitaan dari kawan-kawan IPKB akhirnya masyarakat tahu dan paham. Semoga ke depan hubungan antara BKKBN dan IPKB semakin baik," katanya.

Baca juga: Tantangan Program KB Menjangkau Pulau dan Daerah Terpencil

Baca juga: Riau butuh tambahan 1.201 petugas KB


Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan artikel terbaik satu berjudul "Harganas 2020, Pandemi dan Hubungan Keluarga" karya wartawati CAKAPLAH.COM, Unik Susanti dan artikel terbaik kedua berjudul "BKKBN di Tengah Pandemi" karya Achmad Ali Dahlan wartawan radio Bharabas.

Lomba penulisan artikel ini digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020 yang jatuh pada tanggal 29 Juni setiap tahunnya.

Lomba ini juga sebagai bentuk apresiasi BKKBN Riau kepada wartawan yang tergabung dalam IPKB yang selama ini membantu BKKBN dalam menyampaikan program-program Bangga Kencana kepada masyarakat.

Pewarta : Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar