Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan seri webinar atau  web-seminar pelatihan guru Guru Belajar : "Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi" di Jakarta, Senin.

Peluncuran seri webinar tersebut dilakukan langsung oleh Dirjen GTK Kemendikbud, Dr Iwan Syahril PhD.

"Masa pandemi COVID-19 ini merupakan masa-masa sulit, karena berdasarkan data lebih dari 1,3 miliar murid harus belajar dari rumah dikarenakan sekolah atau sistem pendidikan ditutup," ujar Iwan.

Dia menambahkan seri webinar Guru Belajar itu diselenggarakan sebagai respon Kemendikbud dalam menghadapi tantangan dan situasi yang ada. Tujuan dari webinar tersebut adalah untuk menghimpun semua energi positif dalam merespon tantangan yang ada, sehingga secara bersama-sama mau saling memberdayakan.

Terdapat tiga kunci yang disampaikan oleh Iwan, pertama adalah saling berbagi dan saling belajar belajar, artinya tidak mungkin menghadapi masalah tanpa belajar dengan konteks yang sangat komplek. Kedua, gotong royong artinya menghadapi masa sulit ini secara bersama-sama sesuai dengan filosofi luhur Bangsa Indonesia, saling bahu-membahu dan bisa bersama-sama menyelesaikan masalah yang dihadapi.

"Ketiga adalah fokus pada murid, maksudnya adalah apapun yang kita lakukan mulai dari rancangan program, kebijakan di lapangan tujuannya adalah mengatasi masalah belajar yang dihadapi oleh murid.

Iwan juga menekankan bahwa dalam menghadapi masa pandemi COVID-19, insan pendidikan dituntut harus tetap kuat terutama pada literasi, numeresi, dan soft skill (karakter) yang akan mendorong untuk terus maju dan berkompetisi secara global.

"Bukan cuma untuk kita, tapi untuk generasi-generasi muda yang ada di sistem pendidikan kita.

Seri Webinar Guru Belajar ini akan diselenggarakan secara berkelanjutan selama satu bulan kedepan dengan menyuguhkan tema-tema dan narasumber dari kalangan guru, akademis, praktisi, unsur pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kepentingan," jelas dia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Prof Dr Nunuk Suryani, mengatakan animo masyarakat terhadap program webinar itu cukup tinggi. Terbukti dengan jumlah pendaftar yang melampaui dari kuota yang ditentukan.

"Seluruh pemangku pendidikan harus segera bersiap-siap, menyiapkan kondisi sebaik mungkin, sehingga kita siap mendampingi seluruh peserta didik dalam menyambut tahun ajaran baru yang akan datang, bersamaan dengan diluncurkannya surat edaran bersama empat kementerian yang mana berisi pemberian petunjuk, larangan, tata cara menyelenggarakan pembelajaran pada tahun ajaran yang akan datang," kata Nunuk.

GTK, kata Nunuk, akan bertanggung jawab penuh untuk memfasilitasi, berbagi, bergotong royong memberikan dan menjawab kebutuhan para insan pendidikan akan segala hal kebutuhan menjelang pembelajaran tahun ajaran yang akan datang sesuai standar protokol COVID-19. ***3***
Baca juga: Kemendikbud ajak pendidik ikuti peluncuran webinar pelatihan
Baca juga: PGRI jadikan pandemi sebagai momentum bangkit melawan ketidaksiapan
Baca juga: PPPPTK IPA berikan pelatihan daring pada guru
Baca juga: Kemendikbud : digitalisasi solusi pendidikan di Tanah Air

Pewarta: Indriani
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2020