Dokter: PHBS harus dimulai sejak dini

id sonia wibisono,perilaku hidup bersih dan sehat,BNPB

Dokter: PHBS harus dimulai sejak dini

Konferensi pers "Dokter Sebagai Influencer Adaptasi Kebiasaan Baru" di Jakarta, Sabtu (11/7). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Dokter kecantikan dr Sonia Wibisono mengatakan orang tua perlu menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini pada anak.

"Kebiasaan hidup sehat harus dimulai sejak dini, misalnya mencuci tangan sebelum makan atau setelah bepergian," ujar Sonia dalam konferensi pers daring bertema "Dokter sebagai Influencer Adaptasi Kebiasaan Baru" di Jakarta, Sabtu.

Dia memberi contoh bagaimana dirinya dan keluarganya yang selalu mencuci tangan, bukan dimulai sejak pandemi COVID-19 saja, tetapi sudah sejak lama.

"Perilaku hidup sehat harus dibiasakan, termasuk makan makanan yang sehat. Anak jangan diajarkan untuk makan makanan instan," ujar dia.

Selama pandemi COVID-19, Sonia mengaku lebih banyak berada di rumah, termasuk untuk pembuatan konten di laman media sosialnya juga dilakukan di rumah.

Baca juga: Budaya hidup sehat jadi panglima cegah infeksi COVID-19, sebut PDEI

"Hanya untuk hal yang mendesak baru ke luar rumah," kata Sonia.

Baca juga: Hidup sehat makin diminati, sayur dan buah organik makin dicari

Dia melihat sejak pandemi COVID-19, masyarakat menjadi lebih mandiri dan kreatif. Segala sesuatu bisa dilakukan di rumah dengan peralatan seadanya.

Anggota Junior Doctors Indonesia dr Vito Anggarino Damay mengatakan dirinya turut mengedukasi masyarakat melalui konten yang dibuatnya dan diunggah melalui media sosial.

Baca juga: Tren gaya hidup positif pada fase normal baru

Dokter ahli jantung tersebut menjelaskan banyak yang bertanya padanya tentang bagaimana kondisi pasien jantung menghadapi pandemi.

"Dari pada saya menjelaskan hanya pada satu orang, akhirnya saya bikin konten tentang itu," kata Vito.

Pewarta : Indriani
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar