DPKP OKU aktifkan lagii posko pemadam kebakaran Lubuk Batang

id Posko pemadam diaktifkan, ditutup karena corona, satu petugas positif, sembuh dari isolasi,oku

Kepala DPKP OKU, Aminelson. (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengaktifkan kembali posko pemadam kebakaran Kecamatan Lubuk Batang setelah ditutup karena adanya petugas yang positif terpapar virus corona.

"Posko di Kecamatan Lubuk Batang saat ini sudah difungsikan kembali," kata Kepala DPKP Ogan Komering Ulu (OKU), Aminelson di Baturaja, Senin.

Dia mengemukakan, sebelumnya salah seorang petugas regu pemadam kebakaran di wilayah setempat dinyatakan positif terpapar virus Corona dan pihaknya menonaktifkan sementara waktu seluruh kegiatan di posko tersebut.

Sejumlah 48 orang petugas di regu posko Kecamatan Lubuk Batang sempat dirumahkan dan menjalani tes cepat (rapid test) guna memastikan tidak terpapar virus Corona.

Baca juga: Bencana alam periode Januari - Mei 2020 di Sumsel meningkat

Baca juga: Tim Satgas Kodim 0403 OKU padamkan karhutla


"Alhamdulillah seluruh hasil tes petugas regu tersebut negatif," katanya.

Bahkan, kata dia, satu orang petugas yang positif terinfeksi COVID-19 saat ini sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi di rumah sakit setempat.

"Oleh sebab itu seluruh personel dan mobil damkar di Posko Kecamatan Lubuk Batang diaktifkan kembali guna menanggulangi musibah kebakaran di wilayah setempat," katanya.

Untuk Kecamatan Lubuk Batang ini, lanjut dia, saat ini pihaknya menyiagakan tiga regu pemadam kebakaran yang siaga memadamkan api termasuk kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Setiap regu terdiri delapan personel yang siaga secara bergantian," ujarnya.*

Baca juga: LLH Jejak Indonesia OKU gencar gelar kegiatan penanggulangan karhutla

Baca juga: Kapolres : Ogan Komering Ulu minim peristiwa karhutla selama kemarau


Pewarta : Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar