Menkes ingatkan Forum Anak tentang imunitas dan protokol kesehatan

id Protokol Kesehatan,Forum Anak,Terawan Agus Putranto,Pandemi COVID-19,Pelindungan Anak

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam tangkapan layar akun Youtube Forum Anak Nasional saat menayangkan audiensi Forum Anak dengan Menteri kesehatan yang diikuti di Jakarta, Selasa (14/7/2020). ANTARA/Tangkapan layar Yotube Forum Anak Nasional/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengingatkan para pegiat Forum Anak untuk meningkatkan imunitas dan melaksanakan protokol kesehatan agar tidak tertular COVID-19.

"Setelah imunitas meningkat, tidak mudah terinfeksi, berikutnya adalah melaksanakan protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19," kata Terawan saat menerima audiensi Forum Anak secara daring yang diikuti di Jakarta, Selasa.

Terawan mengingatkan kembali tentang protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker bila berada di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Baca juga: Partisipasi anak penting dalam penanganan COVID-19

Terawan mengatakan bila anak-anak dapat meningkatkan imunitasnya dan melaksanakan protokol kesehatan, angka positif atau penularan COVID-19 di Indonesia akan terus menurun.

"Anak-anak diharapkan bisa menyiasati kondisi saat ini, tidak stres, melakukan kegiatan yang positif, tetap melakukan komunikasi antaranak dengan bahasa anak yang bisa membuat anak semakin percaya diri, sehingga imunitas meningkat," tuturnya.

Dalam audiensi tersebut, para pegiat Forum Anak juga menyampaikan sejumlah harapan kepada Menteri Kesehatan terkait dengan pandemi COVID-19. Terawan menyatakan harapan yang disampaikan anak-anak tersebut telah dicatat.

Baca juga: Menkes tegaskan insentif tenaga kesehatan sudah dibayarkan

Baca juga: Fasilitator Forum Anak: Suara Anak Indonesia diikuti aksi nyata


"Ayah bangga dan terharu atas semua yang diungkapkan. Itu membuat kami menjadi semakin semangat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan mengatasi COVID-19 yang mudah-mudahan bisa diatasi tidak lama lagi," katanya.

Terawan mengatakan bila pun pandemi COVID-19 memang masih harus berlangsung lama, seluruh rakyat Indonesia termasuk anak-anak harus bisa bertahan.

"Tetap semangat, tetap sehat, dan tetap bercanda dengan teman-teman tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Tuhan pasti memberkati kita semua, anak-anak dan seluruh bangsa Indonesia," tuturnya.

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar