BNPB pinjamkan helikopter untuk evakuasi-logistik di Luwu Utara

id bnpb pinjamkan helikopter lutra,luwu utara, masamba

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah meninjau titik bencana banjir bandang lewat udara.ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan pihaknya meminjamkan satu unit helikopter untuk digunakan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dan kepentingan provinsi dalam rangka mengevakuasi dan kepentingan logistik.

"BNPB akan memberikan pinjaman satu unit helikopter untuk digunakan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dan kepentingan provinsi dalam rangka mengevakuasi dan kepentingan logistik," kata Doni Monardo saat mengunjungi dan memantau titik bencana banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulsel, Jumat.

Baca juga: BNPB beberkan dugaan penyebab banjir bandang Lutra

Ia menjelaskan, untuk helikopter yang akan diberikan kepada Pemkab Luwu Utara dan Pemprov Sulsel dalam evakuasi akan diberikan dalam waktu dekat.

"Jadi tunggu beberapa hari ke depan. Helikopter yang dibawa oleh BNPB selanjutnya akan digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Utara dan Provinsi Sulawesi Selatan," katanya.

Ia mengatakan, BNPB ditugaskan oleh Presiden untuk memastikan bahwa segala sesuatu dalam hal penanganan kebencanaan di wilayah Luwu Utara, Sulawesi Selatan berjalan dengan baik.

"Terutama masyarakat yang memerlukan bantuan dalam kondisi tanggap darurat, tempat pengungsian, fasilitas logistiknya, penginapan, sanitasinya, dukungan air dan juga perlengkapan terutama untuk ibu-ibu dan anak-anak. Demikian juga untuk wanita hamil itu harus menjadi prioritas kita," kata dia.

Kemudian yang kedua, lanjutnya, pemulihan lingkungan ditata kembali, tadi Gubernur menjelaskan termasuk juga Menteri PUPR juga mendapat tugas dari Presiden untuk mempercepat proses transportasi dan sejumlah fasilitas publik itu yang harus segera bisa dimanfaatkan kembali.

Baca juga: Korban jiwa banjir Luwu Utara bertambah jadi 36 orang
Baca juga: Sebanyak 14.483 jiwa mengungsi karena banjir bandang Luwu Utara
Baca juga: Kepala BNPB tinjau kondisi Luwu Utara lewat udara

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar