Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah video TikTok dari selebritas Hana Hanifah yang diduga direkam di kantor Badan Intelijen Negara (BIN) muncul di media jejaring sosial belum lama ini.

Hana berjoget dengan tiga orang laki-laki dibelakangnya dengan latar belakang dinding berlogo BIN.

Video itu pun viral dan tersebar di berbagai platform media sosial. Bukan hanya di media sosial, video itu pun dikutip sejumlah media nasional dengan menyebutkan Hana Hanifa berjoget di kantor BIN.

Apakah Hana Hanifah membuat video TikTok di kantor BIN?
 
Salah satu unggahan Velox Et Extactus Shooting Klub yang menunjukkan salah satu sisi dindingnya terdapat logo BIN. (Instagram)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA dari berbagai sumber, BIN telah membantah lokasi yang dijadikan tempat pembuatan video tersebut adalah kantor BIN.

"BIN tidak pernah mengundang Hana Hanifah dalam berbagai kegiatan. Goyang TikTok yang viral tidak dilakukan di kantor BIN meski pun ada logo BIN," kata Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto.

Lokasi yang digunakan Hana Hanifah adalah tempat latihan menembak.

Berdasarkan penelusuran di akun Instagram @veloxshootingklub, unggahan mereka pada 13 Agustus 2019 juga menunjukkan salah satu sisi dinding tempat latihan menembak memiliki logo Badan Intelijen Negara (BIN).

Lokasi tersebut mirip dengan lokasi tempat Hana Hanifa berjoget untuk TikTok.  Melalui media sosialnya, Hana Hanifah juga sering mengunggah kegiatan menembak di Velox Et Exactus Shooting Klub.

Klaim :Hana Hanifah bikin video TikTok dengan joget di kantor BIN

Rating: Salah/Disinformasi
 

Cek fakta: Jokowi dalam bayang Denny Siregar di sampul Majalah Tempo? Ini faktanya

Cek fakta: Jemaah asal Padang tetap berangkat Haji 2020?

Cek fakta: Mulan Jameela mundur dari DPR RI? Cek faktanya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020