Teken MoU soal pekerja disabilitas, Erick ingat pesan Presiden

id erick thohir,menteri bumn,presiden joko widodo,asian games 2018

Tangakapan layar - Menteri BUMN Erick Thohir sekaligus Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir di Jakarta, Rabu (22/7/2020). ANTARA/Tangkapan layar Youtube Kementerian Ketenagakerjaan RI/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan teringat pesan Presiden Joko Widodo ketika menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) tahun 2018, untuk memperhatikan kebutuhan para penyandang disabilitas.

"Saya ingat sekali ketika memimpin penyelenggaraan Asian Games saat itu, salah satu yang Presiden Joko Widodo ingatkan kepada saya adalah fasilitas yang dibangun di Asian Games apakah sudah ramah dengan masyarakat yang berkebutuhan khusus," kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu, usai menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah terkait pelatihan kerja dan penempatan tenaga kerja penyandang disabilitas pada BUMN.

Acara penandatanganan tersebut kemudian dilanjutkan dengan peluncuran Layanan Informasi Ketenagakerjaan Disabilitas atau Linkabilitas di Kementerian Tenaga Kerja.

Menurut Erick, dirinya selaku Ketua INASGOC saat itu langsung menindaklanjuti pesan Presiden sehingga ketika penyelenggaraan Asian Games 2018 bisa dilihat bahwa fasilitas-fasilitas yang ada dalam gelaran tersebut sangat ramah kepada masyarakat penyandang disabilitas.

Sebelum ditunjuk sebagai Menteri BUMN Kabinet Indonesia Maju, Erick Thohir pernah menjabat sebagai Ketua INASGOC dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 yang memetik sukses besar, baik dari sisi penyelenggaraan maupun prestasi.

Selain itu Erick Thohir juga dikenal memiliki banyak pengalaman dalam mengelola organisasi olahraga, mulai dari organisasi basket nasional dan regional sampai dengan Ketua Komite Olimpiade Indonesia.

Erick juga pernah bersinergi dengan Menaker Ida Fauziyah dan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait perlindungan terhadap pekerja wanita di BUMN dari tindakan diskriminatif pada tahun 2019.

Baca juga: Erick - Menaker teken MoU penempatan pekerja disabilitas di BUMN
Baca juga: Erick minta dukungan Menaker terkait bantuan kepada pekerja
Baca juga: Erick Thohir: Saat ini momen spesial kembangkan BUMN di pasar global

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar