agar Perguruan Tinggi Negeri di Lampung dapat eksis dan bersaing
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandarlampung menghibahkan empat gedung ke Universitas Lampung (Unila) guna menunjang dan dimanfaatkan guna Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kami menghibahkan tiga gedung untuk Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) dan satu gedung lagi di Fakultas Kedokteran," kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia kepedulian dan dukungan pemerintah kota dalam dunia pendidikan, tidak hanya kepada Unila namun juga Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

"Hal ini tidak lain agar Perguruan Tinggi Negeri di Lampung dapat eksis dan bersaing di kancah nasional maupun internasional," kata dia.

Ia pun meyakini bahwa ke depan Unila mampu menjadi salah satu universitas terbaik dan masuk ke dalam jajaran lima besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia.

Baca juga: Universitas Lampung raih dua rekor MURI

Baca juga: 14.000 peserta ikut UTBK di Unila


Sementara itu, Rektor Unila, Prof. Dr. Karomani, M.Si., mengapresiasi Pemerintah Kota Bandarlampung yang telah peduli dan memberikan dukungan pembangunan dan pengembangan pendidikan di Lampung.

"Saya sebagai rektor sangat terharu dan bahagia atas kepedulian Pemerintah Kota Bandarlampung kepada Unila, meskipun Perguruan Tinggi tidak menjadi tanggung jawab Pemkot," kata dia.

Rektor mengungkapkan bahwa pemerintah kota telah mengeluarkan anggaran sebesar RP74 miliar untuk pembangunan ke empat gedung tersebut. Bahkan Tahun 2021 Wali Kota Bandarlampung Herman HN telah menganggarkan Rp21 miliar guna pembangunan gedung di Fakultas Teknik Unila.

"Kemudian, mereka pun telah membantu pembangunan Masjid "Al-Wasi'i" Unila Rp5 miliar sehingga kurang lebih kontribusi Pemerintah Kota Bandarlampung kepada kampus ini sebesar Rp106 miliar," jelasnya.

Selain itu, kata dia, komitmen Pemkot dalam menunjang pembangunan di Perguruan Tinggi khususnya Unila juga ditunjukkan dengan mendukung program "Green Matrik" yang telah menghibahkan ribuan bibit ikan di embung-embung dan ribuan bibit pohon di kampus ini.

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung dapat penghargaan dari Unila

Baca juga: 425 mahasiswa putra-putri petani terima beasiswa dari Pemprov Lampung

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020