Pamekasan (ANTARA) - Sebanyak 37 pasien yang terkonfirmasi positif terpapar Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang selama ini menjalani perawatan di rumah sakit kini dinyatakan sembuh.

"Ke-37 pasien positif ini dinyatakan sembuh berdasarkan hasil uji laboratorium dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," kata Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron di Bangkalan, Kamis.

Warga Bangkalan yang berjumlah 37 orang tersebut selama ini menjalani karantina di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebuh Bangkalan dan tempat karantina pasien COVID-19 lainnya, yakni di Balai Diklat Pemkab Bangkalan.

Menurut Bupati, mereka umumnya adalah orang tanpa gejala (OTG), dan diketahui terpapar COVID-19 berdasarkan hasil pelacakan tim medis dari Dinas Kesehatan Pemkab Bangkalan.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 melarikan diri di Bangkalan

Baca juga: Bangkalan lakukan tes cepat kepada semua santri


"Mereka menjalani serangkaian perawatan sebelum akhirnya dinyatakan sembuh dan kami pulangkan," ujar bupati.

Bupati bersama Forkopinda Pemkab Bangkalan juga melakukan pelepasan secara simbolis terhadap 37 warga yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 itu.

Bupati mengimbau agar masyarakat Kabupaten Bangkalan saling membantu dan saling mengingatkan agar taat melaksanakan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, Bupati berharap kepada pasien yang sembuh bisa menjadi penyambung lidah pemerintah untuk menyampaikan kepada masyarakat saat menjadi pasien terkonfirmasi.

“Kami harap pasien yang sembuh bisa menjadi bagian dari pemerintah dengan ikut menangani pencegahan penularan COVID-19," kata Bupati.

Dalam penanganan COVID-19, kata Bupati,  mencegah itu lebih baik dari pada mengobati. Caranya dengan tetap menaati imbauan pemerintah yakni memperhatikan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjauhi kerumunan orang.

Dengan adanya tambahan sebanyak 37 pasien sembuh ini, maka total jumlah warga Pamekasan yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 dan telah sembuh sebanyak 137 orang, dari total jumlah warga positif COVID-19 sebanyak 331 orang.

Pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan sebanyak 150 orang dan sebanyak 44 orang meninggal dunia.*

Baca juga: Sebagian DBHCT digunakan untuk tangani COVID-19 di Bangkalan-Madura

Baca juga: Seorang warga Bangkalan terkonfirmasi positif COVID-19

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020