Pelayanan ini sudah mulai digunakan pada hari ini dan sudah ada pasiennya
Tarakan, Kaltara (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara menyediakan layanan polymerase chain reaction (PCR) swab test bagi masyarakat untuk mendeteksi COVID-19.

Secara resmi pelayanan tersebut diresmikan pemanfaatannya oleh Wali Kota Tarakan Khairul pada Senin dan sudah dapat melayani masyarakat yang membutuhkan di hari yang sama.

Baca juga: RS Unud batasi layanan tes swab hanya 80 orang per hari

"Pelayanan ini sudah mulai digunakan pada hari ini dan sudah ada pasiennya," kata Khairul.

Pemanfaatan fasilitas ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota Tarakan melalui Badan Layanan Umum Daerah RSUD Kota Tarakan untuk menyediakan fasilitas kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Baca juga: Karyawan di empat perusahaan swasta terkena COVID-19

"Kita memang per 1 Agustus sudah memasuki tatanan kehidupan baru, namun kalau kita lihat bahwa pandemi secara nasional juga masih berjalan terus," katanya.

Harapannya, ini juga menjadi salah satu perlindungan untuk mendeteksi COVID-19, termasuk bagi institusi, perusahaan, dan siapapun yang membutuhkan.

Baca juga: Pemprov DKI minta perusahaan lapor bila ada karyawan terkena COVID-19

Tingkat akurasi test PCR ini sendiri mencapai lebih dari 95 persen dan hasilnya juga dapat diterima di hari yang sama.

Bagi masyarakat atau institusi/perusahaan yang bermaksud menggunakan layanan ini dapat langsung datang ke RSU Kota Tarakan di Jalan Aki Babu Kelurahan Karang Harapan.

Adapun biaya yang dikenakan sebesar Rp1,1 juta dan untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai prosedur tes ini dapat berkontak langsung dengan RSU Kota Tarakan atau melalui @rsukt_bot melalui aplikasi telegram.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020