bisnis dari hulu ke hilir dapat dikembangkan secara maksimal mulai dari penangkapannya, cold storage, pendistribusiannya, serta peningkatan kerja sama
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia Rosan Roeslani menilai potensi bisnis perikanan yang bisa digarap BUMN Perum Perindo pada masa pandemi COVID-19 sangat besar.

“Di Perindo potensi bisnis dari hulu ke hilir dapat dikembangkan secara maksimal mulai dari penangkapannya, cold storage, pendistribusiannya, serta peningkatan kerja sama antar dunia usaha untuk mengembangkan bisnis perikanan,” kata Rosan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman di Muara Baru Jakarta, berpeluang sebagai lokasi destinasi wisata perikanan di DKI Jakarta.

“Lokasi yang pas dan cocok secara infrastruktur untuk bisnis perikanan, ditambah lagi di pelabuhan perikanan ini dilengkapi dengan sarana pendukung perikanan yang terintegrasi mulai dari dock kapal, cold storage, pabrik es, bahan bakar minyak (BBM) juga tersedia, pelelangan ikan hingga pendistribusiannya di Pasar Ikan Modern Muara Baru,“ ujar Rosan.

Ia pun meyakini di bawah komando jajaran direksi baru, Perum Perindo dapat memanfaatkan momentum menjadikan sektor perikanan lebih besar lagi serta menjadikan perikanan sebagai program utama pemerintah yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Indonesia memiliki kekayaan laut dan ikan, mestinya bisa menjadi ujung tombak saat ini dan kedepannya, karena potensinya besar," ujar Rosan.

Dari sisi penyerapan tenaga kerja cukup banyak dengan melibatkan banyak nelayan dan pekerja mulai dari pembongkaran ikan, processing ikan sehingga pemanfaatan sumber daya mManusia menjadi faktor penting di sektor perikanan.

Sementara itu Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan bahwa Kadin berperan besar dalam dunia usaha termasuk sektor perikanan.

“Ini merupakan langkah awal membangun komunikasi dengan Kadin dalam mensinergikan dunia usaha perikanan, sehingga mampu berkolaborasi secara holistik baik dengan instansi pemerintah maupun pihak swasta dalam mengembangkan bisnis perikanan,” katanya.

Baca juga: Semester I-2020, Kadin apresiasi capaian dan sinergi KKP
Baca juga: Kadin apresiasi pemerintah tidak menaikkan harga pakan ikan
Baca juga: Kadin usul pemulihan ekonomi melalui sektor kelautan dan perikanan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020