Pengelolaan dan pendistribusiannya kami serahkan sepenuhnya kepada IAIN Palu
Palu (ANTARA) - PT Bank Mandiri Syariah Area Palu bekerja sama Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra (Laznas BSM) menyalurkan bantuan hewan kurban ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah.

"Bantuan hewan kurban ini diharapkan dapat membantu kaum dhuafa, termasuk mahasiswa di lingkungan IAIN Palu yang berhak menerima," ucap Manager Area Bank Mandiri Syariah Palu, Muhammad Arif Gunawan di Palu, Rabu.

Muhammad Arif mengatakan Bank Mandiri Syariah bersama Laznas BSM memberikan satu ekor sapi kepada IAIN Palu, yang selanjutnya dagingnya akan disalurkan kepada masyarakat dan mahasiswa yang berhak menerima.

Baca juga: Satgas COVID-19 ingatkan penerapan protokol kesehatan saat Idul Adha

"Pengelolaan dan pendistribusiannya kami serahkan sepenuhnya kepada IAIN Palu," kata Muhammad Arif.

Hewan kurban tersebut akan disembelih pada 31 Juli 2020 di lingkungan IAIN Palu, setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha secara berjamaah di halaman samping Gedung Rektorat IAIN Palu.

Seremonial serah terima hewan kurban tersebut, telah dilangsungkan oleh Bank mandiri Syariah diwakili oleh Muhammad Arif dan diterima langsung oleh Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi kampus IAIN Palu, Rabu.

Baca juga: MUI sebut umat Islam disunahkan Puasa Arafah sebelum Idul Adha

Terkait dengan bantuan tersebut, Sagaf S Pettalongi mengemukakan IAIN Palu akan menyalurkan hewan kurban tersebut setelah disembelih, kepada mereka yang berhak menerima di antaranya komponen kampus itu dan masyarakat.

"Ada sebagian mahasiswa kami yang berhak menerima daging hewan kurban ini," kata Sagaf Pettalongi.

Prof Sagaf yang juga Wakil Ketua Umum MUI Sulteng menyampaikan terima kasih kepada Bank Mandiri Syariah yang telah membantu meringankan beban masyarakat lewat IAIN Palu.

Baca juga: Peneliti sarankan pembelian hewan kurban secara daring

Pemberian bantuan hewan kurban ini selain sebagai bentuk menjalankan ajaran Islam juga sebagai bentuk kepedulian sosial khususnya penguatan pemenuhan kebutuhan masyarakat di situasi pandemi COVID-19.

"Bantuan ini sangat berarti, karena situasi kita di daerah saat ini, di mana pascabencana gempa, tsunami dan likuefaksi, kini masyarakat dihadapkan dengan bencana non-alam COVID-19. Yang semua itu, berdampak pada kebutuhan pangan warga yang semakin sulit diperoleh," sebut Rektor.

Baca juga: Ketua MUI Palu: Idul Adha refleksi perjuangan Ibrahim-Ismail

 
Bank Mandiri Syariah Palu menyerahkan bantuan hewan kurban secara simbolis kepada Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, berlangsung di ruang kerja Rektor, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020