Pengakuan ini tentu membuktikan bahwa penerapan GCG, manajemen risiko, serta manajemen kepatuhan di PT Pelni sudah sesuai koridor dan menjadi lecutan untuk terus kami tingkatkan.
Batam (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) menerima dua penghargaan pada GRC & Performance Excellence Award 2020, yaitu The Best GRC Corporate Performance in Operation, Marketing & Digital Transformation 2020 dan The Best Corporate Secretary 2020.

"Pengakuan ini tentu membuktikan bahwa penerapan GCG, manajemen risiko, serta manajemen kepatuhan di PT Pelni sudah sesuai koridor dan menjadi lecutan untuk terus kami tingkatkan," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro dalam keterangan di Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

Penghargaan diberikan Chairman for Indonesia Business News, Irnanda Laksanawan dan ketua tim penjurian Dewi Hanggraeni.

Baca juga: Gunakan teknologi informasi khusus, Pelni hemat BBM miliaran rupiah

Yahya mengatakan kedua penghargaan itu memberikan suntikan semangat bagi manajemen Pelni yang selama ini secara konsisten menerapkan Good Corporate Governance (GCG) di seluruh lingkungan operasional PT Pelni.

Tahun ini, PT Pelni melakukan 'self assesment' GCG pada April dengan skor sebesar 83,17, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 81,56.

Saat ini, manajemen risiko PT Pelni juga sudah berbasis ISO 31000. Hal ini dilakukan agar mudah diaplikasikan secara komprehensif dan diintegrasikan dengan proses perumusan keputusan strategis maupun keputusan operasional.

Baca juga: Pelni ajak jalan-jalan di kapal, via tur virtual KM Kelud Jumat ini

Ajang GRC & Performance Excellence Award 2020 diikuti lebih dari 400 perusahaan di Indonesia yang melibatkan tim penilai dan dewan juri independen.

Perusahaan-perusahaan yang masuk sebagai nominasi harus mengikuti serangkaian tahapan seperti wawancara dan presentasi mengenai penerapan GCG dan alur bisnis perusahaan.

Kategori penghargaan GRC & Performance Excellence 2020 ini diklasifikasikan menjadi lima tingkatan kelas bintang (stars), yaitu Excellent, Very Good, Good dan Fair. Klasifikasi tersebut dinilai berdasarkan Performance, Audit, Compliance, Risks, dan Governance dari suatu Perusahaan.

“Manajemen berterima kasih kepada Insan Pelni yang senantiasa menerapkan prinsip-prinsip GCG, yaitu transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness ke dalam setiap proses bisnis Pelni, serta selalu memperhatikan manajemen risiko dan manajemen kepatuhan sehingga pada kesempatan ini Pelni mendapatkan lima bintang atau klasifikasi excellent," jelas Yahya.
​​​​​

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020