Jakarta (ANTARA) - Mengenal tipe kulit wajah sangat penting untuk menentukan foundation atau alas bedak apa yang cocok untuk digunakan, sebab jika salah memilih riasan akan terlihat pecah-pecah.

Alas bedak terdiri dari berbagai jenis mulai dari yang cair hingga padat. Tiap tipe ini tentu memiliki hasil akhir yang berbeda pada setiap jenis kulit. Berikut ini adalah beberapa macam alas bedak yang cocok untuk kulit Anda, dilansir Boldsky, Senin.

Cair
Alas bedak cair adalah formula alas bedak yang paling populer dan umum digunakan. Alas bedak jenis ini paling mudah diaplikasikan wajah dengan menggunakan kuas ataupun spons.

Dulu alas bedak cair digunakan untuk orang yang berkulit kering, tapi kini telah hadir formula yang berbasis minyak dan air sehingga mampu memenuhi kebutuhan berbagai jenis kulit. Kulit berminyak bisa menggunakan alas bedak cair yang berbahan dasar air. Alas bedak jenis ini akan menawarkan hasil akhir yang matte dan dewy.

Baca juga: Kiat aplikasikan "make-up" yang aman di tengah pandemi corona

Baca juga: Tips memilih warna foundation yang tepat


Bedak padat
Foundation dengan tipe bedak padat paling cocok untuk kulit berminyak. Produk ini dikemas seperti bedak padat dan paling baik diaplikasikan menggunakan kuas untuk alas bedak.

Alas bedak jenis ini membantu menyerap minyak berlebih di kulit Anda dan menyeimbangkan tekstur kulit. Namun, jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak, alas bedak seperti ini dapat berubah dengan sangat cepat.

Foundation berbentuk bedak padat juga lebih cepat teroksidasi sehingga pilihlah warna yang lebih terang dari warna kulit sebenarnya. Untuk hasil akhir yang ditawarkan, alas bedak ini memberi tampilan matte.

Tabur
Untuk wanita yang memiliki kulit sensitif dan kering paling tetap menggunakan foundation tabur. Alas bedak seperti ini ringan dan lembut di kulit. Anda dapat mengaplikasikan alas bedak ini dengan kuas alas bedak biasa atau kuas kabuki untuk hasil yang mulus.

Krim
Alas bedak krim biasanya berbentuk stik dan konsistensi krim dari alas bedak membuat kulit Anda terhidrasi sepanjang hari bahkan dapat bertahan hingga 10 jam.

Alas bedak krim juga mampu menyembunyikan noda atau garis halus dengan sempurna. Alas bedak krim membuat kulit Anda terlihat matte atau dewy. Namun foundation jenis krim lebih cocok digunakan untuk orang berjenis kulit kering.

Mousse
Jika Anda menginginkan alas bedak yang terasa seperti tidak menggunakan foundation, maka pilihlah yang mousse sebab sangat ringan di kulit. Formulasi foundation ini mengandung gelembung mikro yang memberikan tekstur halus pada kulit Anda dan mampu menutupi kerut halus dengan sempurna.

Satu-satunya kelemahan adalah alas bedak mousse tidak bertahan lama atau sekira 2-3 jam saja. Namun alas bedak mousse cocok untuk semua jenis kulit.

Baca juga: Tips memilih foundation flawless

Baca juga: Rahasia agar alas bedak terlihat alami

Baca juga: Cara mengetahui produk "makeup" yang kedaluwarsa

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020