Pamekasan (ANTARA) - Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pamekasan, merilis pasien yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona dan dinyatakan sembuh mencapai 203 orang dari total kasus terkonfirmasi sebanyak 251 orang.

"Data pasien sembuh ini per tanggal 10 Agustus 2020 hingga pukul 13.00 WIB siang tadi," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Pamekasan Sigit Priyono di Pamekasan, Jatim, Senin.

Pasien sembuh terbaru sebanyak enam orang, berasal dari lima kecamatan, yakni Kecamatan Pegantenan, Pademawu, Larangan, Pamekasan dan Kecamatan Kadur.

Baca juga: 68 pasien COVID-19 di Purbalingga telah sembuh

Masing-masing berinisial A (20) jenis kelamin laki-laki, dari Kecamatan Pegantenan, A (47), berjenis kelamin laki-laki dari Kecamatan Pademawu, R (20) berjenis kelamin perempuan dari Kecamatan Larangan, dan pasien berinisial M (51) berjenis kelamin laki-laki dari Kecamatan Pamekasan.

Dua pasien sembuh lainnya ialah pasien berinisial O (37) berjenis kelamin laki-laki dan pasien berinisial M (27) berjenis kelamin laki-laki. Keduanya berasal dari Kecamatan Kadur.

Baca juga: 2.326 orang positif COVID-19 di Sumsel dinyatakan sembuh

Saat ini, jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Pamekasan yang masih menjalani perawatan sebanyak 21 orang dengan jumlah pasien meninggal dunia sebanyak 27 orang.

"Jadi, dari total pasien positif 251 orang, 203 orang sembuh, 21 orang dalam perawatan dan 27 orang lainnya meninggal dunia," kata Sigit menjelaskan.

Sementara itu, jumlah warga Pamekasan yang dinyatakan suspect COVID-19 hingga 10 Agustus 2020 ini sebanyak 788 orang dengan perincian, 60 orang dalam pengawasan, 686 orang selesai pengawasan dan sebanyak 42 orang lainnya meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Pamekasan Sigit Priyono menjelaskan, saat ini tim terus menggencarkan pengawasan, melakukan operasi gabungan, guna mengefektifkan penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat.

Sasaran operasi adalah kafe dan pusat-pusat perbelanjaan, serta pasar tradisional yang ada di Kabupaten Pamekasan. Operasi yang melibatkan tim medis, TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan itu digelar setiap hari, bahkan pada malam hari.

Baca juga: Positif COVID-19 bertambah 1.687, sembuh bertambah 1.284
Baca juga: Dinkes Palembang alihkan penanganan kasus ke sejumlah rumah sakit
Baca juga: Bupati Purbalingga imbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020