BNPB terima bantuan 650 ribu masker kain untuk warga yang membutuhkan

id BNPB, Satgas COVID-19, Bantuan Masker

Sekretaris Utama BNPB Harmensyah berbicara dalam konferensi pers bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta, Selasa (11/8/2020). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima bantuan 650 ribu masker kain dari para donatur yang terdiri dari berbagai perusahaan untuk dibagikan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan agar terhindar dari penularan COVID-19.

"Jadi kita sangat mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada teman-teman dari Volta Pasifik Aviasi, dari Bumame Utama Indonesia, dari Dwiyasa Putra Prakarsa, Adamas Putra Perkasa, dari Adimanprana Inggita Sembrani, Armada Anugerah Dirgantara, Kumala Indonesia, Sumber Pratama Citra, Avian Nusa Dirganatara dan Wahana Inti Sejahtera," kata Sekretaris Utama BNPB Harmensyah dalam konferensi pers bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan partisipasi bantuan tersebut berkat kerja sama yang baik antara BNPB dan para donatur dan juga mengatakan bahwa bantuan 650 ribu masker kain tersebut setara dengan Rp2,7 miliar.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan masker ke Persatuan Seniman Komedi Indonesia

Baca juga: Wuling bagikan 100.000 masker non-medis ke BNPB


"BNPB bisa merasa senang, gembira karena masker-masker ini bisa kita berikan kepada daerah-daerah yang membutuhkan. Karena masyarakat sangat-sangat membutuhkan," katanya.

Pembagian masker tersebut, nantinya, kata dia, akan menjadi bagian dari kampanye Satgas COVID-19 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya menerapkan protokol kesehatan untuk terhindar dari penularan wabah berbahaya yang ditularkan oleh virus SARS-CoV-2.

"Jadi pakai masker. Ini seperti ngomong sekarang ini enggak boleh dilepas. Kalau enggak ngomong enggak apa-apa. Tapi kalau ngomong, droplet," katanya.

Kemudian, dalam penerapan protokol kesehatan itu juga ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Harmensyah juga mengingatkan perlunya mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan juga mengimbau untuk tidak sering-sering menyentuh area wajah, mulut, hidung dan mata.

"Dan tentunya semua kita ini diminta untuk menjaga ketahanan tubuh, imunitas kita, sehingga kita dengan kuat terhindar dari COVID-19 ini," ujarnya.*

Baca juga: Ditjen Bea Cukai hibahkan puluhan ribu masker ke BNPB

Baca juga: Masyarakat diminta kenakan masker kain cegah COVID-19

Pewarta : Katriana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar