Pelindo 1 tanam 2020 bibit mangrove

id Pelindo 1,Mangrove,HUT RI ke-75

Penanaman bibit mangrove di pesisir Danau Siombak. ANTARA/HO-Pelindo 1

Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menanam 2.020 bibit mangrove di wilayah pesisir Belawan, Sumatera Utara,  yang menjadi wilayah kerja perseroan.

"Kami harapkan dengan penanaman mangrove ini dapat memperkuat pesisir dan mengurangi abrasi pantai, dan berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat sekitar," ujar Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Melalui kegiatan itu, lanjut dia, perseroan dapat mengedukasi masyarakat dan anak-anak yang merupakan generasi muda, agar peduli pentingnya menjaga ekosistem laut bagi kelestarian lingkungan, di mana hal ini adalah salah satu bentuk kontribusi perseroan  bagi negara.

Baca juga: Pelindo III gelontorkan 7.000 APD untuk tiga RS di Jawa Timur

Ia mengatakan mangrove merupakan ekosistem yang memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, pencegah abrasi dan erosi, dan memperbaiki kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dan menyambut HUT RI ke-75 tahun, Pelindo 1 hadir dengan melakukan rangkaian program CSR (Corporate Social Rensposibility) dengan tema "Cintai Mangrove Sejak Dini".

Penanaman mangrove ini dilakukan di dua lokasi, yaitu di sepanjang pesisir Danau Siombak, Kec. Medan Marelan dan muara sungai Bagan Deli, Kec. Medan Belawan.

Baca juga: Unsyiah-Pelindo I Jalin kerja sama bidang pendidikan

Sementara itu, Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove.

"Hutan mangrove sangat berfungsi sebagai pagar terdepan menjaga garis pantai, kemudian juga berguna sebagai tempat berkembang biak biota laut, hingga menyediakan ekosistem alami serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat di sekitarnya.

Selain penanaman bibit mangrove, Pelindo 1 juga memberikan bantuan sebesar Rp30 juta untuk Rumah Baca Merah Putih yang ada di Danau Siombak yang di berikan secara bertahap, dimana tahap I diserahkan sebesar Rp17 juta dan tahap kedua sebesar Rp13 juta, bantuan delapan set alat pangkas rambut untuk King of Hair Academy, dan mengadakan kegiatan pangkas gratis untuk 75 anak yang bermukim di sekitar Danau Siombak.

"Bantuan ini akan dimanfaatkan untuk renovasi fasilitas Rumah Baca Danau Siombak dan penambahan buku-buku sehingga anak-anak yang belajar di  dalamnya mendapatkan akses perpustakaan dan buku yang baik," kata VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar