IPB University terima 1.500 calon mahasiswa jalur SBMPTN

id arif satria,ipb university,penerimaan jalur SBMPTN,IPB University terima 1.500 jalur SBMPTN,mahasiswa baru IPB, jalur masuk IPB, jalur SNMPTN IPB, ja

Dokumentasi - Mahasiswa baru IPB saat membentuk formasi pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di lapangan Gymnasium, kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/8/2017). ANTARA/HO-IPB/aa.

Jakarta (ANTARA) - IPB University menerima 1.500 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang diumumkan pada Jumat (14/8) pukul 15.00 WIB.

"Angka itu sekitar 35 persen dari total mahasiswa baru IPB University program sarjana yang diseleksi melalui berbagai jalur," ujar Rektor IPB University, Prof Arif Satria dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Guru Besar Ekonomi IPB ungkap cara cegah resesi di Indonesia

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) mengumumkan hasil SBMPTN. Sebagaimana diketahui, UTBK adalah ujian tertulis untuk mendapatkan skor yang kemudian skor tersebut dipakai dalam proses seleksi SBMPTN. Sertifikat UTBK dapat diunduh pada 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB

Registrasi bagi calon mahasiswa baru jalur SBMPTN di IPB University akan dilaksanakan secara daring mulai 17 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB.

Arif Satria menyampaikan ucapan selamat datang kepada para calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN itu.

"Selamat bergabung dengan keluarga besar IPB University. Siapkan diri untuk dididik menjadi kader-kader pemimpin dan pejuang pertanian di masa depan," kata Arif.

Rektor berpesan kepada peserta yang belum berhasil diterima di IPB, bisa mencoba lagi melalui jalur seleksi Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK).

Baca juga: Kementan gandeng IPB kembangkan diversifikasi pangan lokal

Sebelumnya 1.835 mahasiswa baru IPB University diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 8 April 2020.

IPB University menerima mahasiswa baru program sarjana (S1) dari jalur mandiri masing-masing 296 orang melalui Jalur Ketua OSIS, 79 orang melalui jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) yang hasil seleksinya telah diumumkan pada 30 April, jalur Kelas Internasional Gelombang I yang telah diumumkan hasil seleksinya pada 4 Juni sebanyak 79 orang, serta jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) 168 orang yang hasil seleksinya diumumkan pada 24 Juli.

Sementara untuk seleksi masuk program diploma (D3) di Sekolah Vokasi IPB University telah menerima 2.500 orang melalui jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) yang hasil seleksinya telah diumumkan 18 Mei 2020.

Para mahasiswa baru program sarjana dari jalur SNMPTN, Ketua OSIS, PIN, serta kelas Internasional tahap satu bersama dengan mahasiswa baru program diploma jalur USMI telah mendapatkan pembekalan berupa Pelatihan 7 Habits for Highly Effective Student pada 5-8 Agustus lalu.

Program pelatihan itu untuk mengukur kemampuan, minat dan bakat mahasiswa.

Baca juga: Kukuhkan 434 insinyur, Rektor IPB ingin lulusan jadi SDM unggul

Baca juga: IPB University optimalkan ATP untuk pemberdayaan petani


Sementara itu, jalur mandiri lainnya untuk program sarjana, yaitu Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) dan jalur Kelas Internasional Gelombang II akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2020. Sementara UTMBK program diploma akan dilaksanakan pada 16 Agustus 2020. Seluruh ujian ini dilaksanakan secara daring.

Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar