Imbauan tersebut sekaligus tertulis pada masker yang telah dibagikan kepada masyarakat. Selain itu pembagian vitamin dan masker bertujuan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pesisir agar dapat tetap pr
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengampanyekan pelestarian laut kepada masyarakat agar tidak membuang sampah laut dan berhenti mengonsumsi telur penyu sekaligus memberikan vitamin dan masker kepada warga pesisir di Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Aryo Hanggono dalam siaran pers di Jakarta, Senin, menegaskan kegiatan ini merupakan bentuk Kampanye KKP dalam menjaga alam dan pelestarian penyu yang diselenggarakan Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru selaku pengelola kawasan konservasi kepada masyarakat yang terdampak pandemi khususnya masyarakat pesisir Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Imbauan tersebut sekaligus tertulis pada masker yang telah dibagikan kepada masyarakat. Selain itu pembagian vitamin dan masker bertujuan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pesisir agar dapat tetap produktif di masa pandemi ini," ujar Aryo.

Dengan tetap menjaga pola hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan, Aryo mengharapkan kesehatan dan produktivitas masyarakat pesisir khususnya nelayan tetap terjaga, sehingga produktivitas nelayan dalam menyediakan ikan dan kondisi perekonomian masyarakat pesisir tidak ikut goyah akibat pandemi ini.

Sementara itu, Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniawan melaporkan selama Juli sudah tersalurkan sebanyak 30 paket vitamin dan 180 masker kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) dan masyarakat di beberapa desa seperti Tarempa, Arung Hijau, Kuala Maras, Air Asuk, Ladan, Sri Tanjung dan Telaga.

"Direncanakan pada Agustus akan disalurkan kembali sebanyak 20 paket vitamin dan 320 masker kepada masyarakat," kata Fajar.

Ia mengutarakan harapannya agar kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat sekitar Kawasan konservasi TWP Kepulauan Anambas agar tetap dalam kondisi sehat dan produktif, terutama di masa pandemi ini.

"Selain itu, ujar dia, untuk mengurangi pencemaran laut akibat sampah plastik, LKKPN Pekanbaru juga membagikan totebag sebagai pengganti plastik sekali pakai yang kerap digunakan sehari-hari.

Baca juga: Garap 13 desa, KKP gencarkan kampanye antisentrum ikan

Baca juga: Menteri Edhy dorong inovasi radar untuk identifikasi sampah laut

Baca juga: KKP ingin lulusan politeknik kelautan perikanan jadi pengusaha

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020