makna kemerdekaan tahun ini adalah bagaimana semua pihak bisa bergotong royong dalam perjuangan menghadapi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat meniadakan lomba-lomba yang kerap diselenggarakan setiap Hari Ulang Tahun Kemerdekaan di wilayahnya untuk menghindari penularan  COVID-19 di masyarakat.

"Tahun ini kegiatan lomba kita tiadakan karena berisiko terhadap penularan COVID-19," kata Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pengibaran bendera sambut HUT RI di Jakpus hanya libatkan pasukan inti

Meski demikian, Rustam mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan menjaga jarak fisik, mencuci tangan, dan menyemprotkan disinfektan di seluruh ruangan.

Lebih lanjut Rustam mengingatkan  makna kemerdekaan tahun ini adalah bagaimana semua pihak bisa bergotong royong dalam perjuangan menghadapi COVID-19.

Baca juga: Ahad, positif COVID-19 Jakarta bertambah 518 kasus

"HUT RI kali ini diselenggarakan di tengah keprihatinan kita atas COVID-19 yang masih terus menunjukkan kenaikan. Kalau dahulu para pejuang kita melawan musuh penjajah sekarang kita lawan musuh bersama juga yaitu COVID-19," ujar Rustam.

Sebelumnya, Wali Kota beserta jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat menggelar upacara peringatan HUT ke-75 RI secara sederhana bertempat di halaman kantor pemerintahan, Senin pagi.

Baca juga: Rayakan HUT ke-75 RI, MRT Jakarta gelar kompetisi virtual

Upacara hanya dihadiri oleh perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkompimko), perwakilan DPRD DKI, perwakilan suku dinas, dan perwakilan wilayah kecamatan.

"Karena masih PSBB transisi, kita batasi pelaksanaan upacara ini, tapi tanpa mengurangi penghormatan kita kepada bangsa dan negara ini," ujar Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi dalam sambutannya saat bertindak sebagai inspektur upacara.

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020