Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 17/8) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, yakni berbagai upacara HUT Ke-75 RI hingga rekor MURI untuk upacara HUT RI dari Istana Merdeka yang digelar secara daring.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

1. Bakamla ZMTh gelar pengibaran merah putih di Kapal KN Gajah Laut

Personel Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Zona Maritim Tengah (ZMTh) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dari geladak Kapal KN Gajah Laut 404 di perairan Serei, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut), Senin.

Kepala Pangkalan Dermaga Kapal Patroli Bakamla Serei Kolonel Bakamla Asep Budiman bertindak sebagai inspektur upacara, dan Komandan KN Gajah Laut 404 Letkol Bakamla Benni Hermawan bertindak sebagai komandan upacara.

Selengkapnya di sini


2. Badui Muslim gelar upacara HUT Kemerdekaan di kaki Gunung Kendeng

Masyarakat Badui Muslim di Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Banten, menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia di kaki Gunung Kendeng secara sederhana dengan berpakaian adat dan bersandal jepit, serta menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

"Kami merasa bersyukur bisa merayakan HUT Kemerdekaan RI yang pertama kali berjalan lancar tanpa kesulitan," kata Rasma (50) seorang tokoh Badui Muslim di Kampung Lembah Barokah Ciboleger Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Senin.

Selengkapnya di sini


3. Merah Putih sepanjang 75 meter dibentangkan di Bukit Modus TN Rawa Opa

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75, ratusan pemuda dari berbagai lembaga organisasi pecinta alam yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan aksi bentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 75 meter di Bukit Modus Taman Nasional Rawa Opa Watu Mohai, Kabupaten Bombana, Sultra.

Aksi pengibaran Bendera Merah Putih tersebut dilakukan tepat pada Senin (17/8) pukul 07.00 Wita dengan membentangkan di atas punggung bukit Modus yang masing-masing orang memegang setiap ujung bendera.

Selengkapnya di sini


4. Pimpin upacara HUT RI, Presiden kenakan baju adat Timor Tengah Selatan

Presiden Joko Widodo mengenakan baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur, saat menjadi Inspektur Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Presiden memasuki lapangan upacara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker berwarna putih yang sepadan dengan warna pakaian adat dari Timor Tengah Selatan itu.

Selengkapnya di sini


5. Upacara HUT ke-75 RI secara daring dapat penghargaan rekor dunia

Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan secara daring mendapat ganjaran rekor dunia sebagai upacara pertama dengan peserta terbanyak di dunia.

"Ini bukan sekadar rekor di Indonesia, tapi rekor dunia karena belum pernah ada penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan negara manapun diselenggarakan secara daring, maka dengan ini secara resmi, Museum Rekor Dunia Indonesia menganugerahkan piagam penghargaan kepada Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia," kata pendiri Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) Jaya Suprana melalui sambungan konferensi video, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020