Pemerintah harus cepat tanggap menjadikan sepeda sebagai salah satu alternatif alat transportasi
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa tren lonjakan orang bersepeda di Tanah Air semestinya membuat Pemerintah mau mempertimbangkan kebijakan memperluas jalur khusus bersepeda.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo menambahkan, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyediakan jalur sepeda sementara atau pop up bike line di ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

"Dengan meningkatnya pengguna sepeda di tengah pandemi, Pemerintah harus cepat tanggap menjadikan sepeda sebagai salah satu alternatif alat transportasi untuk bekerja atau pun melakukan kegiatan sehari-hari," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Mantan Ketua DPR RI itu menuturkan, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan bersepeda, di antaranya meningkatkan kekuatan serta keseimbangan tubuh, mengendalikan berat badan, menjaga kesehatan jantung serta mengurangi stres.

Ia menilai dengan bersepeda, tubuh juga dapat meningkatkan imunitas yang dibutuhkan di masa pandemi COVID-19.

Selain itu, bersepeda juga dinilai dapat memperkuat otot dan membakar lemak. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia itu menilai tren baru bersepeda sangat baik.

Untuk itulah, Bamsoet bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS) Fun Bike Club dan Moulton Bicycle Club Indonesia juga melakukan kegiatan Sepeda Sehat atau Gowes Sehat.

Kegiatan itu mengambil rute awal Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan hingga Gelora Bung Karno (GBK), dan diadakan dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI.

"Banyak cara merayakan HUT Kemerdekaan RI. Salah satunya dengan bersepeda bersama agar tubuh tetap sehat. Apalagi, saat ini bersepeda merupakan olahraga yang sedang digandrungi masyarakat luas," ujar Bamsoet, usai Gowes Sehat di Jakarta, Sabtu (22/8).

Ia mengatakan bahwa saat ini, pengguna sepeda di Tanah Air mengalami lonjakan pesat.

Berdasarkan Survei The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), pengguna sepeda hingga Juni 2020 terus meningkat hingga 10 kali lipat atau meningkat 1.000 persen saat PSBB Jakarta, dibandingkan dengan pada Oktober 2019.

Memang, kata Bamsoet, dari dulu juga sudah ada orang yang berangkat kerja dengan menggunakan sepeda, hingga memunculkan komunitas 'Bike to Work'.

Karena itu, guna mendukung tren baik ini, Bamsoet mengingatkan agar pengguna sepeda selalu mengutamakan keselamatan serta taat pada aturan.

"Bagi para pesepeda juga harus berhati-hati serta tertib saat bersepeda di jalan raya. Jaga keselamatan dan hati-hati dalam bersepeda. Gunakan alat pelindung, seperti helm. Waspada dan tetap di jalur yang sudah ditentukan. Sopan di jalan, patuhi aturan. Zero accident, no complain,” ujar Bamsoet pula.
Baca juga: Bamsoet: Saya bertanggung jawab kekurangan konser amal

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020