Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta diterapkan "contra flow"

id jalan tol jakarta-cikampek,jasa marga,contra flow

Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta diterapkan "contra flow"

Rekayasa lalu lintas "contra flow" di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. ANTARA/HO

Karawang, Jabar (ANTARA) - Petugas melakukan rekayasa lalu lintas arus berlawanan (contra flow) menyusul kepadatan kendaraan di sejumlah titik Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada hari terakhir libur panjang Tahun Baru Islam, Minggu.

Kepala Departemen Komunikasi dan Pemasaran PT Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Corry Annelia Poundti dalam siaran pers yang diterima di Karawang, Jawa Barat, Minggu, menyampaikan contra flow arah Jakarta diberlakukan pada Minggu sore mulai Km 61 hingga Km 47.

Baca juga: Menhub tinjau Tol Jakarta-Cikopo antisipasi arus balik libur panjang

Menurut dia, pada arus balik libur panjang kali ini, kepadatan terjadi di beberapa titik menjelang rest area serta di titik menjelang Kilometer 48, yang merupakan pemecahan dua arus lalu lintas menuju Jakarta, yakni Tol Jakarta Cikampek Elevated dan Tol Jakarta-Cikampek.

Dengan pemberlakuan contra flow diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Kilometer 48 serta menjelang rest area.

Selain contra flow, petugas juga sempat melakukan penutupan sementara rest area Kilometer 52 karena menjadi salah satu pemicu terjadi kepadatan arus lalu lintas.

Menurut Corry, pemberlakuan contra flow merupakan diskresi kepolisian. Jasa Marga hanya mendukung kelancaran contra flow.

Baca juga: 224.496 kendaraan tinggalkan Jakarta melalui Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek diterapkan "contraflow" atasi kepadatan

Pewarta : M Ali Khumaini
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar