Warga menunggu Pemkab Sigi untuk memindahkan permukiman mereka ke lokasi yang aman dari bencana alam.
Sigi (ANTARA) - Korban bencana banjir dan longsor di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, sampai saat ini masih bertahan di pengungsian karena takut akan datangnya kembali banjir bandang mengingat cuaca esktrem masih melanda wilayah itu sampai sekarang.

"Sebagian besar korban banjir bandang di dua dusun Desa Bolapapu sudah kembali ke rumah pada siang hari, tetapi malam hari mereka kembali lagi ke tempat pengungsian," kata Camat Kulawi Rolly yang dihubungi di Kulawi, Senin.

Ia mengatakan sebagian warga hingga kini masih bertahan di pengungsian baik yang ada di rumah penduduk maupun di gedung SD Bala Keselamatan (BK) dan juga hunian tetap (huntap) para korban bencana alam gempabumi 28 September 2018.

Baca juga: Korban banjir bandang di Kulawi-Sulteng masih bertahan di pengungsian

Saban hari, kata Rolly, hujan masih mengguyur wilayah Kulawi dan sekitarnya. Makanya warga belum berani pulang dan bermalam di rumah masing-masing sebab khawatir bencana akan melanda permukiman mereka.

Camat mengatakan bahwa pihaknya tidak berani memaksa warga untuk kembali ke rumah sebab cuaca masih ekstrem.

Warga menunggu Pemkab Sigi untuk memindahkan permukiman mereka ke lokasi yang aman dari bencana alam.

Baca juga: Penyintas banjir bandang Kulawi-Sigi butuh bantuan pangan dan pakain

Dalam musyawarah desa bersama semua tokoh masyarakat, adat dan juga aparat desa dan kecamatan, ditetapkan sejumlah rekomendasi, salah satunya meminta kepada Bupati Sigi Irwan Lapata untuk segera menyiapkan lokasi permukiman baru untuk korban bencana alam banjir bandang di Desa Bolapapu.

Menjawab pertanyaan, Camat Rolly mengaku berbagai jenis bantuan untuk korban banjir bandang di Kulawi hingga kini masih mengalir.

"Kami masih mendapatkan bantuan terutama bahan makanan, air minum dan peralatan dapur dari berbagai pihak yang peduli," kata dia.

Semua bantuan diarahkan masuk ke posko induk dan setelah itu baru didistribusikan kepada setiap kepala keluarga (KK) korban bencana alam banjir bandang di Desa Bolapapu.

Baca juga: Banjir di Bolapapu karena intensitas hujan tinggi

Pewarta: Anas Masa
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020