Untuk hari ini terkait kampanye masker kami siapkan lima ribu masker kita bagikan di beberapa lokasi termasuk Stasiun Tanah Abang mulai dari Polda, Polres, Polsek
Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana beserta jajarannya pada Kamis sore menggelar inspeksi protokol kesehatan Stasiun kereta Tanah Abang, Jakarta Pusat, sekaligus membagikan 5.000 masker gratis kepada masyarakat.

"Kedatangan kami ke sini dalam hal rangka untuk melakukan pengecekan, bagaimana kesiapan anggota TNI-Polri, kemudian juga khususnya dari kereta api dan pemerintah daerah dalam rangka melakukan pengawasan pendisiplinan masyarakat, khususnya di beberapa lokasi keramaian," kata Irjen Nana di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca juga: Hari terakhir PSBB Jakarta, Satpol PP Jaktim razia penggunaan masker

Dalam kesempatan itu, Nana bersana jajaran juga membagikan langsung masker kepada masyarakat pengguna kereta maupun masyarakat yang berada di sekitar Stasiun Tanah Abang. Total sebanyak lima ribu masker yang dibagikan oleh jajarannya.

"Untuk hari ini terkait kampanye masker kami siapkan lima ribu masker kita bagikan di beberapa lokasi termasuk Stasiun Tanah Abang mulai dari Polda, Polres, Polsek," ujarnya.

Lebih Lanjut, Nana berharap masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, semua itu demi keselamatan diri sendiri serta keselamatan orang-orang terdekat dari ancaman pandemi COVID-19.

Baca juga: Polda Metro Jaya terus kampanyekan protokol kesehatan

"Kami tentunya berharap kepada masyarakat untuk disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan, ini adalah hal yang sangat efektif sebagai upaya pencegahan. Kita ketahui bahwa sampai saat ini khususnya di wilayah hukum Polda Metro Jaya terkait dengan penyebaran COVID-19 masih tinggi, tentunya hal ini perlu kita antisipasi," tutur Nana.

Nana juga mengatakan petugas akan ditempatkan di titik-titik keramaian untuk mengawal protokol kesehatan serta memberikan teguran kepada masyarakat yang lalai menerapkan protokol kesehatan. Dia juga menegaskan petugas akan tetap mengutamakan pendekatan humanis persuasif dalam mengawal protokol kesehatan.

Baca juga: Satpol PP tindak 101.478 warga Jakarta yang tidak bermasker

"Yang tidak pakai masker akan kita kasih teguran, kemudian kita dalam rangka melayani masyarakat kita siapkan anggota untuk selalu membawa masker dan diberikan ke masyarakat kuhsusnya yang tidak bawa masker. Jadi kita lebih mengutamakan upaya-upaya persuasif komunikatif kepada masyarakat supaya masyarakat mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020