Wagub DKI ajak masjid-masjid giatkan aksi sosial bantu sesama

id Ahmad Riza Patria,Masjid Al Istikmal,Donor Darah,Juaini Yusuf

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kanan berdiri), Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali (tengah), dan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf (kiri berdiri) saat meninjau kegiatan donor darah di Masjid Al Istikmal, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (28/8/2020). (Antara/Ricky Prayoga)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengajak masjid-masjid di Jakarta  menggiatkan aksi sosial dengan membantu sesama warga seperti dilakukan Masjid Al Istikmal, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Jumat ini.

"Mudah-mudahan ke depan masjid-masjid yang lain juga ikut membantu. Selain kita melaksanakan ibadah Jumat, juga membantu masyarakat sekitar. Contohnya seperti hari ini di Masjid Al Istikmal mereka kompak mencari pendonor lalu kepada para pendonor itu diberikan bantuan sembako sebagai bentuk apresiasi," kata Ariza di lokasi.

Kegiatan ini, kata Ariza, adalah kolaborasi antara Yayasan Masjid Al-Istikmal dengan  BUMD di DKI Jakarta. Adapun jumlah paket sembako yang dibagikan dan kantung darah yang dikumpulkan adalah masing-masing sekitar 200 buah.

Baca juga: Cegah COVID-19, PMI Jaksel salurkan wastafel ke masjid hingga pasar

Di sisi lain, Ariza menyebutkan Pemprov DKI Jakarta terus mendukung Palang Merah Indonesia (PMI) untuk lebih gencar melaksanakan kegiatan donor darah selama masa pandemi. Sebelum masa pandemi, biasanya PMI di Jakarta dapat menerima 1.000 kantong darah dari partisipasi pendonor.

"Namun sejak masa pandemi COVID-19 ini hanya mencapai 100-400 kantong. Untuk itu kami minta sesuai juga dengan arahan gubernur agar masyarakat terlibat aktif membantu PMI mengumpulkan darah atau mendonorkan darah bagi masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Jaksel resmikan masjid berarsitektur Tionghoa

Sementara itu, Ketua Yayasan Masjid Al-Istikmal Juaini Yusuf mengapresiasi bantuan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD. Lelaki yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta ini menilai, bantuan sosial tersebut sangat meringankan beban warga sekitar yang membutuhkan.

Sementara untuk kantong darah, kata dia, akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan melalui PMI DKI Jakarta.

"Informasi yang kami terima jumlah kantong darah memang mulai berkurang, jadi kami berinisiatif untuk mendonorkan darah. Harapannya, dapat membantu PMI dalam memenuhi stok darah," kata Juaini.

Baca juga: Azyumardi: Jadikan masjid sebagai pusat peradaban

Menurut Juaini, kegiatan donor darah dengan bakti sosial pembagian sembako ini sangat bermanfaat bukan hanya bagi warga sekitar untuk meringankan kehidupan sehari-hari, namun juga masyarakat umum yang membutuhkan darah.

"Kegiatan kali ini saya pikir memang sangat bermanfaat di tengah pandemi COVID-19 ini, mudah-mudahan kita harapkan bisa rutin dibagiin sembako jadi warga bisa senang, tapi juga lebih besar kesempatan beramalnya gitu kan," ujar Juaini menambahkan.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar