Jakarta (ANTARA) - Setelah mengumumkan dukungan Chromecast untuk Google Meet, Google kini mengungkapkan bahwa aplikasi obrolan video untuk konsumen, Duo, akan hadir di Android TV dalam bentuk aplikasi asli yang memungkinkan pengguna memulai video call dari layar televisi mereka.

"Dalam upaya menghadirkan pengalaman video call ke lebih banyak bagian di rumah Anda, Google Duo meluncurkan Beta di Android TV dalam beberapa pekan mendatang," ujar Group Product Manager, Google Meet hardware, TJ Varghese, dalam ungahan di situs blog resmi Google, dikutip Sabtu.

Baca juga: Saingi Zoom, Google bakal gabungkan Duo dan Meet?

"Dengan Google Duo, Anda dapat memulai panggilan one-on-one maupun grup dari TV Anda, dan jika TV Anda tidak memiliki kamera built-in, Anda cukup mencolokkan kamera USB," dia melanjutkan.

Langkah ini melanjutkan dorongan Google untuk menghadirkan aplikasi komunikasi videonya ke layar yang lebih besar. Dengan menambahkan dukungan Chromecast untuk layanan konferensi video Meet, Google memberi lebih banyak fleksibilitas di mana mereka dapat mengadakan rapat kerja.

Kini, kehadiran Google Duo di Android TV memungkinkan untuk mengobrol dengan kombinasi sofa dan layar televisi, lebih nyaman ketimbang menggunakan PC atau ponsel.

Layaknya Meet, Google Duo sudah didukung Nest Hub, Nest Hub Max dan smart display lainnya yang menjalankan software Google. Perluasan platform juga menjadi cara Google untuk menyaingi Zoom dan Microsoft Teams, demikian The Verge.

Baca juga: Google Duo kini bisa untuk panggilan video 32 orang

Baca juga: Aplikasi "video call" Google Duo tambahkan mode keluarga

Baca juga: Google Duo kini bisa kirim tautan undangan mirip Zoom

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020