Jakarta (ANTARA) - Bank DKI meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik Top of The Top dan Top BUMD 2020 Bintang Lima atas pertumbuhan kinerja yang baik dalam kegiatan Top BUMD Awards 2020 dari Majalah Top Business dan Institut Otonomi Daerah.

"Bank DKI berterima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta selaku pemegang saham serta khususnya kepada BP BUMD DKI Jakarta atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan selama ini," kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu.

Herry menambahkan Bank DKI juga menyampaikan apresiasi kepada nasabah atas kepercayaan dalam menggunakan produk dan layanan bank serta akan menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik.

Baca juga: Bank DKI pastikan penggunaan JakCard untuk akses tol dalam kota

Penghargaan Top BUMD tersebut merupakan penghargaan yang diberikan oleh Majalah Top Business kepada 1.449 BUMD terbaik dari seluruh Indonesia yang dinilai berdasarkan pencapaian kinerja, upaya perbaikan, dan kontribusi BUMD.

Pertumbuhan kinerja Bank DKI yang baik telah terlihat dari pertumbuhan kredit hingga 8,3 persen pada triwulan II-2020, dari Rp29,53 triliun per Juni 2019 menjadi sebesar Rp31,98 triliun per Juni 2020, meski terjadi pandemi COVID-19.

Bank DKI juga mencatatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang tumbuh sebesar 5,3 persen, dari Rp33,61 triliun pada Juni 2019 menjadi sebesar Rp35,40 triliun pada Juni 2020, yang didukung oleh pemanfaatan aplikasi JakOne Mobile.

Selain itu, pemerintah juga secara resmi telah menunjuk Bank DKI sebagai salah satu Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang menerima penempatan dana sebesar Rp2 triliun untuk percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Pemprov gandeng Bank DKI siapkan paket kebijakan dukung UMKM

"Hal tersebut tentunya memberikan ruang yang cukup bagi Bank DKI untuk dapat tumbuh lebih tinggi di tahun 2020 ini. Dana tersebut utamanya akan digunakan untuk penyaluran kredit pada sektor produktif seperti UKM, komersial dan korporasi secara selektif," kata Herry.

Sebagai salah satu BUMD DKI Jakarta, Bank DKI terus mendukung program-program kerja Pemprov DKI Jakarta diantaranya, penyaluran bantuan sosial melalui kartu sosial seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus), Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) serta program Dasawisma.

Bank DKI juga terus mendorong terwujudnya sinergi BUMD diantaranya pada sektor seperti transportasi, ketahanan pangan, dan pariwisata serta memfasilitasi para pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang dengan memberikan Kartu Pedagang.

Bank DKI juga memastikan JakCard dapat digunakan sebagai alat pembayaran di sejumlah tempat wisata, salah satunya Taman Impian Jaya Ancol. JakCard juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran di sejumlah layanan transportasi seperti Transjakarta, MRT, LRT Jakarta dan kereta bandara Railink.
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020