Jakarta (ANTARA) - Samsung bulan lalu meluncurkan gawai flagship seri Galaxy Note 20 yang ingin mendukung produktivitas para penggunanya.

"Peningkatan spesifik pada S Pen, latensi jauh lebih rendah dari S Pen generasi sebelumnya," kata Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, M. Taufiqul Furqan, saat sesi seminar untuk media, Jumat.

S Pen pada seri Galaxy Note 20 diperkecil, semakin kecil latensi, semakin cepat responsnya ketika ujung stylus menyentuh layar.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20 resmi masuk Indonesia, dijual mulai pekan ini

S Pen pada Galaxy Note 20 memiliki latensi sebesar 26 ms, sementara pada versi ultra menjadi 9 ms.

Perubahan latensi ini menyebabkan S Pen menjadi lebih responsif ketika digunakan untuk menulis, bahkan diklaim memberikan pengalaman yang sama ketika menulis secara manual.

S Pen pada seri Galaxy Note 20 menjadi salah satu kunci untuk menggunakan fitur-fitur yang mendukung produktivitas, misalnya untuk mendukung beberapa aplikasi.

1. Air Action

Sama seperti generasi sebelumnya, S Pen pada Galaxy Note bisa digunakan untuk fitur gesture (isyarat) Air Action, mengaktifkan sejumlah tugas tanpa harus menyentuh layar.

S Pen bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar atau screen capture, dengan cara menekan tombol yang ada di stylus, kemudian menggoyangnya (shake) di depan layar).

Isyarat tersebut secara otomatis akan menyalakan fitur tangkapan layar, pengguna bisa menyuntingnya sebelum menyimpan gambar tersebut.

Baca juga: Persaingan sengit, penjualan Galaxy Note 20 diperkirakan lebih rendah

2. Samsung Notes

Stylus ini juga bisa digunakan untuk menulis dengan tangan di aplikasi Samsung Notes, misalnya ketika mendengarkan presentasi.

Pengalaman menulis dengan S Pen pada Samsung Notes, respons stylus cepat begitu ujung pena menempel di layar. Ketika menulis, S Pen akan mengikuti gerakan tangan tanpa ada lag.

3. Screen Write

Fitur ini berfungsi untuk memberikan catatan di gambar atau dokumen yang diinginkan. Tarik S Pen keluar, kemudian pilih fitur Screen Write yang muncul pada menu Air Command.

Ponsel secara otomatis akan mengambil tangkapan layar atau screen capture, kemudian pengguna bisa menulis catatan di atas tangkapan layar tersebut.

Baca juga: Samsung DeX terbaru hadir di Galaxy Note 20 Series untuk multitasking

Baca juga: Samsung Galaxy S20 dapatkan fitur Note 20 berkat pembaruan One UI

Baca juga: Daftar ponsel spesifikasi mirip Samsung Galaxy Note 20

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020