KPU Jember terima pendaftaran satu pasangan bacabup-bacawabup

id pilkada jember,pilkada serentak 2020,hendy-gus firjaun,pendaftaran calon kepala daerah

KPU Jember terima pendaftaran satu pasangan bacabup-bacawabup

Ketua KPU Jember Mohamad Syai'in menerima berkas pendaftaran pasangan bacabup-bacawabup Hendy-Gus Firjaun di Kantor KPU Jember, Jumat (4/8/2020) (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menerima satu pasangan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Hendy Siswanto-Mohammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) pada hari pertama pendaftaran bakal calon kepala daerah setempat di Kantor KPU Jember, Jawa Timur, Jumat.

"Pada hari pertama pendaftatan bakal calon kepala daerah di KPU Jember tercatat ada satu pasangan calon yang mendaftar yakni Hendy Siswanto-Mohammad Balya Firjaun Barlaman dari jalur partai politik," kata Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in di Kantor KPU setempat.

Menurutnya, sesuai dengan regulasi yang diterbitkan KPU RI melalui peraturan KPU atau keputusan teknis yang harus disiapkan oleh bakal calon bupati/wakil bupati saat melakukan pendaftaran yakni syarat pencalonan dan syarat calon.

"Pada Pasal 5 Ayat (2) PKPU Nomor 1 Tahun 2020 tentang Syarat Pencalonan Bakal Pasangan Calon yang Diusulkan dari Partai Politik atau Gabungan Partai Politik harus memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau setara dengan 10 kursi di DPRD Jember," katanya.

Pada saat tahapan pendaftaran, lanjut dia, pasangan bakal calon dari partai politik maupun perseorangan harus membawa persyaratan pencalonan dan syarat calon saat mendaftar di Kantor KPU Kabupaten Jember.

"Setelah dilakukan penelitian berkas, ada lima partai yang dinilai memenuhi syarat untuk mengusung pasangan bacabup-bacawabup Hendy-Gus Firjaun yakni PKS, PPP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Nasdem," tuturnya.

Berdasarkan kursi di DPRD Jember total lima parpol pengusung pasangan Hendy-Gus Firjaun sebanyak 28 kursi dengan rincian PKS sebanyak 6 kursi, PPP (lima kursi), Partai Demokrat (2 kursi), Partai Gerindra (7 kursi), dan Partai NasDem (8 kursi).

Sementara itu bacawabup Jember Hendy Siswanto mengatakan pihaknya sebenarnya ingin berhadapan atau "head to head" dengan petahana dalam Pilkada Jember, namun sejumlah DPP parpol memberikan rekomendasi kepada pasangan calon lainnya.

"Saya sudah melakukan komunikasi politik dengan 11 parpol karena sejak awal kami siap melakukan head to head dengan petahana, namun kami diusung beberapa parpol yang sudah memenuhi ketentuan persyaratan pencalonan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan partai politik yang memgusungnya dan akan menyapa masyarakat Jember dengan menebar kebaikan kepada semuanya.

Sebelum mendaftar ke KPU Jember, pasangan Hendy-Gus Firjaun melakukan shalat Jumat di Masjid Raudlatul Muchlisin dan ziarah ke makam KH Muhammad Sidiq dengan diiringi konvoi para parpol pendukung dan relawan.

Baca juga: Bawaslu Jember bentuk tim terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN

Baca juga: DKPP ingatkan netralitas ASN dan politik uang jelang pilkada serentak

Baca juga: Faida setuju gerakan lawan COVID-19 jadi tema debat Pilkada 2020

Baca juga: Menakar peluang "head to head" di Pilkada Jember

 

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar