Kesenian rakyat iringi pendaftaran Bacabup Banyuwangi Ipuk-Sugirah

id Bacabup Banyuwangi, Ipuk-Sugirah, Pilkada Banyuwangi

Pasangan Ipuk-Sugirah berjalan kaki saat mendaftar sebagai peserta Pilkada 2020 ke KPU Kabupaten Banyuwangi, Minggu (6-9-2020). ANTARA/HO-Tim Sukses Ipuk-Sugirah

Banyuwangi (ANTARA) - Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah ke kantor KPU setempat, Minggu, diiringi dengan penampilan berbagai kesenian rakyat, mulai kuntulan, barong, hingga pitik-pitikan.

Selain iringin musik tradisional, pasangan Ipuk-Sugirah menuju Kantor KPU Kabupaten Banyuwangi dengan berjalan kaki itu juga diantar berbagai elemen masyarakat.

Sebelum berangkat menuju KPU, pasangan ini memberikan santunan kepada anak yatim yang disertai pembacaan selawat.

Baca juga: Idris-Imam resmi mendaftar sebagai peserta Pilkada 2020 ke KPU Depok

Sejumlah ulama dan kiai hadir memberi doa dan restu. Hadir pula para tokoh lintas agama, mulai dari agamawan Hindu, Kristen, Katolik, Buddha, hingga Konghucu.

Berbagai perwakilan elemen masyarakat juga turut hadir memberikan dukungan doa dan semangat, mulai dari komunitas perempuan, dunia usaha, milenial, seniman, warga lansia, hingga penyandang disabilitas.

Jajaran partai politik pengusung di Banyuwangi juga hadir, di antaranya Ketua PDIP Banyuwangi Made Cahyana Negara, Ketua NasDem Supriyadi, Ketua Gerindra Nauval Badri, Ketua PPP K.H. Fauzan, dan Ketua Hanura Basuki Rahmad.

Hadir pula jajaran pengurus partai politik tingkat Provinsi Jawa Timur dan sejumlah anggota DPR RI dari partai pengusung, di antaranya Sonny Danaparamita dan Mufti Anam dari PDIP.

Jajaran partai pendukung, seperti PAN, Perindo, PKPI, PSI, Partai Berkarya, dan Partai Garuda juga penuh semangat mengantarkan duet Ipuk-Sugirah.

"Bismillah, mohon maaf dan mohon doa semuanya. Ini bukan soal kekuasaan, ini panggilan pengabdian untuk mewujudkan Banyuwangi yang saat ini sudah baik agar lebih baik lagi," kata Ipuk saat memberikan sambutan.

Baca juga: Pasangan Idris-Imam daftar sebagai peserta pilkada tak kerahkan massa

Di sepanjang jalan menuju KPU di Jalan K.H. Agus Salim, duet Ipuk-Sugirah disambut antusias warga. Masyarakat keluar rumah menyapa, melambaikan tangan, hingga mendokumentasikan Ipuk-Sugirah. Warga juga bersorak girang memberi dukungan.

"Bismillah, Bu Ipuk, menang," kata Rahmawati, warga yang menyambut di sepanjang jalan.

Karyadi, warga lainnya, berucap, "Kami senang Bu Ipuk dan Pak Sugirah nyalon (mencalonkan diri, red), jadi kemajuan Banyuwangi bisa diteruskan."

Ipuk dan Sugirah pun menyapa warga dengan ramah. Kandidat yang diusung oleh PDIP, NasDem, Gerindra, PPP, dan Hanura tersebut tak henti melambaikan tangan ke arah warga. Tim Ipuk-Sugirah juga membagikan masker kepada warga di sepanjang jalan.

Pewarta : Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar