Jakarta (ANTARA) - Sejumlah kegiatan dari kompetisi esport sampai diskusi sains diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk mengisi Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020, yang jatuh pada 9 September.

Sebagai tema besar Haornas 2020, Kemenpora mengusung tema sport science. Sehingga kegiatan-kegiatan pendahuluan menuju Haornas tahun ini begitu erat dengan penerapan disiplin tersebut.

Rangkaian kegiatan bertajuk Pra-Haornas itu bahkan sudah dimulai sejak 1 Februari dengan digelarnya kejuaraan esport Road to Menpora Cup sebagai ajang kualifikasi.

Baca juga: Menpora sebut Haornas momen tingkatkan kebugaran di tengah pandemi

Setelah pandemi COVID-19 menghambat jalannya berbagai kegiatan, Kemenpora sejak Juli beradaptasi dengan melakukan sejumlah kegiatan virtual dengan memanfaatkan kemajuan teknologi internet.

Untuk menyentuh anak muda penggemar olahraga ekstrim, Kemenpora mengadakan lomba Extreme Video Challenge yang berlangsung mulai 6 Juli sampai 6 September.

Lomba itu mempertandingkan tujuh cabang olahraga ekstrem, yakni keseimbangan sepeda, parkour, tantangan bola basket, freestyle juggling, lari 10 kilometer dan 5 kilometer, skateboard, dan dance. Pemenang akan diumumkan pada perayaan Haornas 9 September.

Setelah penggemar olahraga ekstrem, komunitas berikutnya yang menjadi sasaran Kemenpora adalah penggemar olahraga yoga. Kemenpora menyelenggarakan lomba bertajuk "Indonesia beryoga menuju Indonesia bugar." Lomba itu diikuti oleh ratusan ribu praktisi yoga, yang masing-masing telah mengirimkan video yoganya dengan mengikuti contoh gerakan dari Kemenpora.

Baca juga: Menpora jajaki pengembangan industri dan pariwisata olahraga

Memasuki Agustus, kali ini giliran penggemar olahraga senam yang disentuh oleh Kemenpora dengan menggelar senam poco-poco berbasis virtual.

Sebagaimana layaknya institusi lainnya, Kemenpora juga tidak ketinggalan menggelar sejumlah webinar. Sesuai bidangnya, Kemenpora menyelenggarakan webinar terkait peran olahraga dalam persiapan atlet menuju pesta olahraga level dunia, olahraga petualangan, olahraga di tengah new normal, dan diskusi dengan para pelaku industri olahraga.

Sampai September, Kemenpora sama sekali tidak mengendur. Kemenpora aktif menggelar berbagai kegiatan seperti lomba senam exhibition aerobic, festival olahraga tradisional Hadang, dan festival olahraga disabilitas. Sebelum berpuncak pada perayaan Haornas 2020 pada 9 September mendatang.

Baca juga: Jelang Haornas, Kemenpora dorong penerapan sport science di Tanah Air
Baca juga: Rangkaian turnamen esports jadi bagian Road to Haornas 2020
Baca juga: Haornas bukan hanya seremoni, tapi momentum bangun semangat olah raga

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020