Andai tidak ada kompetisi, efek negatifnya justru akan semakin besar
Jakarta (ANTARA) - Penyerang PSM Osas Saha mengapresiasi izin dari pemerintah Indonesia untuk menggelar kompetisi sepak bola nasional di tengah pandemi COVID-19.

"Bagi saya itu menjadi keputusan yang baik karena banyak orang menggantungkan hidup dari sepak bola, termasuk para pemain," ujar Osas kepada Antara di Jakarta, Senin.

Pemain yang dinaturalisasi menjadi WNI pada tahun 2018 itu melanjutkan, bergulirnya kompetisi yaitu Liga 1 dan 2 dapat membantu tim nasional Indonesia berprestasi.

Baca juga: Kapten Bhayangkara FC nilai jadwal lanjutan Liga 1 melelahkan

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan ditargetkan lolos dari fase grup.

Pelaksanaan Liga 1 dan 2 pun diharapkan dapat membantu manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk menemukan pesepak bola-pesepak bola terbaik untuk Piala Dunia U-20 tersebut.

"Andai tidak ada kompetisi, efek negatifnya justru akan semakin besar," tutur Osas.

Setelah diliburkan sejak akhir Maret 2020 karena terjangan pandemi COVID-19, kompetisi sepak bola nasional akan kembali bergulir mulai 1 Oktober 2020.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Baca juga: Madura United daftarkan banyak pemain antisipasi kepadatan jadwal

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Liga 2 Indonesia musim 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

Baik Liga 1 dan 2 dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Semua laga dilangsungkan tanpa kehadiran penonton di stadion dan pengetesan COVID-19 akan dilakukan secara rutin.

Pandemi COVID-19 juga membuat perayaan Hari Olahraga Nasional 2020 pada 9 September dihadiri oleh Presiden Joko Widodo secara virtual. Namun, seremoni akan dipusastkan di GOR POPKI, Cibubur.

Tema Haornas 2020 yaitu sains olahraga (sport science), wisata olahraga (sport tourism) dan industri olahraga (sport industry).

Baca juga: Polda Metro beri lampu hijau untuk Bhayangkara FC dan Persita
Baca juga: Polda Jateng siap kawal pelaksanaan Liga 1 dan 2 2020

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020