Jakarta (ANTARA News) - Produsen handphone, Motorola, memperkenalkan perangkat radio komunikasi dua arah CP1660 yang memiliki fitur luas dan desain ergonomis yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM).

Dengan CP1660 diharapkan pelaku usaha UKM bisa berkomunikasi dengan cepat sehingga efisiensi dan produktivitasnya meningkat, kata Regional Sales Manager Two-way Radio and Aftermarket Accessories Motorola untuk Asia Tenggara Djohan Taib di Jakarta, Selasa.

"Penyediaan fungsi penting seperti audio yang jernih, ditambah dengan fitur-fitur canggih seperti identifikasi pemanggil dan komunikasi hand-free akan lebih membantu pengguna bisnis dalam meningkatkan efisiensi," katanya.

Ia mengatakan, radio dua arah produksi Motorola dirancang khusus untuk pengguna komersial di segmen UKM yang bergerak di industri keamanan, ritel, perhotelan, pendidikan, manufaktur ringan, manajemen properti, konstruksi, dan manufaktur ringan.

Produk radio seri CP1660 itu diharapkan mampu meningkatkan komunikasi dua arah antar karyawan sehingga koordinasi dalam aktivitas kerja mereka menjadi lebih efisien.

"Hasilnya adalah peningkatan produktivitas dan perbaikan dalam keselamatan dan keamanan usaha para pengguna dengan memungkinkan respon yang cepat terhadap suatu kejadian," katanya.

Radio baru tersebut, tambahnya, juga memungkinkan pengguna bisnis di industri ritel dan perhotelan bisa dengan cepat menanggapi permintaan pelanggan serta dapat memberikan pelayanan bagi para pelanggan dan tamu dengan lebih baik.

CP1660 menawarkan peningkatan fungsi, di antaranya fitur pembalikan pengacakan suara terintegrasi yang memberikan ruang privasi lain dalam transmisi, mendukung VOX (voice operated transmit) untuk komunikasi hands-free, pensinyalan DTMF yang menyediakan identifikasi pemanggil dan meningkatkan pengelolaan komunikasi.

CP1660 dirancang dengan spesifikasi RF yang ketat untuk meningkatkan penolakan terhadap interferensi sehingga menghasilkan kualitas audio yang lebih jernih.

Selain itu radio berkemampuan mutli-saluran (99 saluran) dengan lima tombol yang bisa diprogram, memungkinkan pengguna mengakses 10 fitur pilihan dengan hanya satu sentuhan.

Daya baterai CP1660 juga tahan lama. Solusi baterai LiIon menawarkan daya tahan baterai hingga 11 jam dengan penggunaan daya yang besar.

Bobot CP1660 sangat ringan, hanya 335 gram atau 11,82 ounce. Dilengkapi tombol on/off/volume yang besar, LCD berkapasitas delapan karakter alfanumerik dengan ikon-ikon yang tidak asing bagi pengguna (user-friendly).

Keistimewaan yang lain adalah memenuhi standar MIL-STD 810C, D, E, dan F (stempel persetujuan dari militer Amerika Serikat untuk digunakan dalam medan yang berat) dan mendapat rating IP54 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

Radio seri CP1660 itu telah tersedia melalui distributor resmi Motorola di Indonesia, PT Citra Data Purna Kharisma, dengan harga eceran yang direkomendasikan sebesar 180 dolar Amerika per unit.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010