Polda Papua Barat lebih gencar disiplinkan pemakaian masker

id Papua Barat, protokol kesehatan,disiplin masker

Anggota Satgas Aman Nusa Polda Papua Barat mengenakan masker pada pengguna jalan raya pada operasi pendisiplinan protokol kesehatan di Manokwari, Rabu (9/9/2020). ANTARA/Toyiban

Manokwari (ANTARA) - Kepolisian Daerah Papua Barat lebih gencar lagi melaksanakan operasi pendisiplinan warga terkait penerapan protokol kesehatan terutama pemakaian masker.

Angka kasus virus Corona di Indonesia sudah menembus angka 200.000 kasus dan penambahan kasus baru sejak beberapa hari lalu di atas angka 3.200 kasus baru/hari. Sejak diumumkan secara resmi pada 2 Maret lalu, sudah 103 dokter meninggal dunia dalam tugasnya menangani pasien-pasien Covid-19.

Baca juga: Pelanggar protokol kesehatan di Tanah Datar bisa dicabut ijin usahanya 

Satuan Tugas Aman Nusa Polda Papua pada Rabu (9/9) menggelar operasi pemakaian masker kepada masyarakat umum di Manokwari, Papua Barat. Operasi yang dilaksanakan pada pagi dan sore hari itu menyasar para mengguna lalu-lintas jalan di sana.

Selain personel Sabhara operasi ini juga melibatkan personel Brimob, Satuan Lalu-lintas, serta Intelkam Polda Papua.

ANTARA memantau, operasi ini juga menyasar pengendara yang tidak memakai helm. Pesepeda motor yang tak mengenakan helm dan masker diberhentikan, sementara sepeda motornya disimpan dulu dan baru dikembalikan setelah yang bersangkutan sudah kembali membawa helm dan masker.

Baca juga: Pelanggar protokol COVID-19 saat kampanye bisa ditindak pidana

"Operasi ini bertujuan untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan. Di tengah operasi itu kami juga mengimbau warga agar menjaga jarak, rutin cuci tangan dan lain sebagainya," ucap Kepala Sub-Bagian Deteksi Satgas Aman Nusa Polda Papua Barat, Inspektur Polisi Dua M Jufri Santoso, di sela kegiatan itu.

Ia menyebutkan, operasi ini digelar setiap hari. Selain pengguna jalan, pada hari Minggu operasi difokuskan di tempat rekreasi di antaranya pantai Pasir Putih Manokwari. "Meskipun sedang di pantai bersama keluarga, teman atau kerabat. Masker tetap wajib, jaga jarak dan menghindari kerumunan," ujarnya. 

Baca juga: Pelanggar protokol kesehatan dihukum berdoa di makam pasien COVID-19

Konfirmasi positif Covid-19 di Papua Barat meningkat cukup signifikan sejak pertengahan Agustus hingga saat ini. Sesuai data Satgas Covid-19 pada 9 September 2020 jumlah kasus positif di Papua Barat sudah mencapai 959 orang.

"Hari ini masih ada tambahan cukup banyak, yakni 18 orang. Dari Kabupaten Sorong melaporkan ada tambahan 10 kasus,Teluk Bintuni enam, Teluk Wondama dan Manokwari Selatan masing-masing satu. Totalnya 18," ucap juru bicara pemerintah Provinsi Papua Barat pada percepatan penanganan Covid-19, Arnold Tiniap, pada kesempatan terpisah.

Selain kasus positif, Papua Barat mencatat tambahan 12 pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 pada Rabu (9/9). Dari Teluk Bintuni ada tujuh, Sorong Selatan dua, Kabupaten Sorong dua dan Manokwari satu.
 

Pewarta : Toyiban
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar