Panglima TNI-Kapolri lepas Satgas Pendisiplinan di Palu

id Hadi tjahjanto,Idham azis,Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ketiga kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Azis di depan Gedung Mapolda Sulawesi Tengah, Jumat (11/9/2020). ANTARA/HO-Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melepas Satgas Pendisiplinan Protokol Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah
di depan Gedung Mapolda Sulawesi Tengah, Palu, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI menyampaikan agar setiap orang selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Khusus mengenai masker, Hadi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menekankan berulang kali dalam berbagai kesempatan agar semua orang selalu mengenakan masker saat berinteraksi di luar rumah.

"Dengan menggunakan masker, kita telah menyelamatkan diri kita sendiri dan juga orang lain di sekitar kita dari tertular virus COVID-19," tutur Panglima TNI melalui siaran pers

Penularan COVID-19 saat ini mengalami tren peningkatan kasus positif di berbagai wilayah di Indonesia.

"Kita tidak boleh lengah. Walaupun angka penularan kasus positif di Sulawesi Tengah sudah berada di bawah angka 1, kita tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Instruksi Presiden kepada TNI Polri dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020 sudah sangat jelas untuk menggiatkan patroli dan pengawasan serta melaksanakan pembinaan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, dampak pandemi tidak hanya menimbulkan persoalan kesehatan saja, tetapi telah mengganggu perekonomian masyarakat yang terdampak secara langsung.

“Untuk itu, para Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga, Bhabinkamtibmas dan komponen masyarakat yang saat ini telah siap untuk diberangkatkan, akan melaksanakan tugas pendisiplinan sekaligus memberikan bansos dan sembako untuk membantu meringankan beban masyarakat,” kata Hadi.

Panglima TNI dan Kapolri mengucapkan terima kasih atas dedikasi, kerja keras serta partisipasi aktif masyarakat Sulteng dalam mengemban amanah yang mulia ini.

Dalam acara tersebut, juga Panglima TNI dan Kapolri juga menyerahkan bantuan sosial sebanyak 1.210 paket sembako untuk masyarakat yang terdampak pandemi. Bansos ini akan diantar langsung ke rumah warga oleh Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Babinkamtibmas.

Baca juga: Parpol sepakat taati protokol kesehatan di Pilkada Surabaya 2020

Baca juga: Erick Thohir: Kita akan jalankan operasi yustisi mulai Senin depan

Baca juga: BIM perketat protokol kesehatan jelang pemberlakuan PSBB Jakarta

Baca juga: Satgas tegaskan disiplin protokol kesehatan perlu untuk sukseskan PSBB

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar